Gastric ulcer merupakan penyakit yang menyerang pada organ lambung. Gastric ulcer dikenal sebagai penyakit pada dinding lambung yang mengalami pengikisan. Pengikisan tersebut menimbulkan luka dan dapat menyebar hingga ke esofagus dan usus kecil. Penyakit ini sering disalah artikan sebagai penyakit maag. Padahal antara gastric ulcer dengan sakit maag tidaklah sama. Gastric ulcer merupakan istilah medis untuk penyakit tukak lambung. Gastric ulcer terjadi pada bagian lambung dalam. Siapa saja dapat mengalami penyakit ini, terutama ketika faktor defensif dan faktor agresif tidak seimbang. Faktor defensif untuk menyebutkan lendir pada lambung, aliran darah pada mukosa, serta prostaglandin. Faktor agresif untuk menyebutkan pepsin, infeksi bakteri, serta asam lambung.

Penyakit gastric ulcer juga menimbulkan gejala yang langsung dirasakan oleh penderita. Sehingga ketika Anda merasakan satu atau lebih dari gejala berikut ini, kemungkinan gastric ulcer sudah menyerang. Sehingga ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Gejala Penyakit Tukak Lambung

Sakit Perut Mirip Seperti Sakit Maag

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit gastric ulcer mirip seperti sakit maag. Perut akan terasa nyeri. Namun, bagi penderita gastric ulcer, rasa nyeri lebih terasa menyiksa jika perut tidak segera diisi. Ketika Anda telat makan dan merasa sakit perut, jangan abaikan hanyalah sakit maag biasa. Jika ternyata sakit yang dirasakan semakin menjadi, bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit gastric ulcer. Bahkan gejala sakit perut tersebut dapat hilang dalam beberapa waktu. Jika rasa sakit perut tersebut terasa kembali dalam beberapa hari atau seminggu kemudian, maka lebih baik ke dokter segera.

Sakit Perut Kambuh di Waktu Istirahat Malam

Penyakit gastric ulcer tidak akan sembuh begitu saja setelah Anda makan. Penyakit Tukak lambung ini juga menunjukkan gejala di malam hari. ketika sedang istirahat malam dan tiba-tiba perut meililit dan nyeri, waspadai sebagai penyakit gastric ulcer.

Rasa Nyeri pada Leher, Pusar, dan Punggung

Gejala gastric ulcer tidak cukup seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Penyakit ini juga membawa gejala lain seperti rasa nyeri di tiga bagian utama. Yaitu, bagian leher, bagian pusar, serta bagian punggung. Jika Anda merasa nyeri di tiga bagian tersebut, lebih baik periksa ke dokter.

Penyebab Penyakit Tukak Lambung

Penyakit gastric ulcer bukan penyakit menular. Namun, tetap perlu dipahami bahwa ada yang menyebabkan penyakit yang menyerang dinding lambung ini terjadi. Penyebab pasti seseorang mengalami penyakit gastric ulcer antara lain berikut ini.

Bakteri Helicobacter Pylori

Ketika bakteri Helicobacter pylori menyerang lambung, maka menyebabkan penyakit gastric ulcer. Penyebab infeksi bakteri lebih menyulitkan seseorang untuk mengetahui apakah dirinya mengalami gastric ulcer atau tidak.

Mengkonsumsi Obat Antiinflamasi

Ketika seseorang dalam tahap konsumsi obat antiinflamasi, bisa jadi berimbas pada menderita gastric ulcer. Penyakit ini tentu terjadi ketika seseorang mengkonsumsi obat aspirin atau obat antiinflamasi yang masuk golongan nonsteroid.

Hobi Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Penyebab dari penyakit gastric ulcer juga dapat menyerang seseorang yang memiliki pola hidup buruk. Seperti hobi merokok sepanjang hidupnya, lebih mudah mengalami penyakit gastric ulcer. Selain itu, seseorang yang memiliki hobi mengkonsumsi minuman beralkohol juga dapat menyebabkan asam lambung tinggi. Kemudian berimbas pada kondisi dinding lambung yang luka dan menderita gastric ulcer.

Cara Mencegah Penyakit Tukak Lambung

Sebelum penyakit gastric ulcer bertambah parah, maka obati dengan segera. Ada baiknya pula Anda mencegah sebelum mengobatinya. Untuk mengetahui cara-cara pencegahan yang efektif agar tidak terserang penyakit gastric ulcer, simak di bawah ini.

Biasakan Cuci Tangan dan Kaki dengan Sabun

Jangan biarkan bakteri penyebab gastric ulcer menginfeksi dengan mudah. Anda cukup menjalani kebiasaan sederhana ini. Cara pencegahan yang efektif adalah dengan mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun. Setiap kali hendak makan, minum, atau memegang benda kotor, cucilah dengan sabun. Kemudian bilas di bawah air yang mengalir sampai bersih. Dengan memiliki kebiasaan seperti ini, harapannya penyakit gastric ulcer dapat dicegah dan enggan menyerang.

Konsumsi Obat Sesuai Petunjuk Dokter Ahli

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengkonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid dapat menyebabkan menderita gastric ulcer. Jika Anda hendak mengkonsumsi jenis obat tersebut, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Tanyakan kepada dokter apakah boleh atau tidak. Sebab jika pasien memiliki potensi terserang penyakit Tukak lambung, dokter akan memberikan melakukan pengawasan selama Anda memang harus mengkonsumsinya.