Berenang adalah salah satu bentuk aktivitas yang sangat disukai oleh anak-anak. Latihan air memang sangat benar-benar bermanfaat untuk kesehatan dari anak anda. bayi berenang adalah salah satu aktivitas yang cukup baik untuk kesehatan bayi anda. Tapi ada banyak orang tua yang terkadang masih sangat khawatir dan bingung bagaimana mereka mengajarkan anak-anaknya untuk berenang.

Mereka juga terkadang bingung kapan waktu yang tepat untuk bisa mengajarkan anaknya untuk berenang. Namun yang harus anda ketahui adalah saat masih bayi sebenarnya bayi sudah memiliki kemampuan untuk bisa berenang. Dalam masa usia empat bulan, bayi sudah memiliki kemampuan dalam membuat dirinya refleks dan menyelam.

Saat sebelum anda mengajarkan bayi untuk berenang ada baiknya untuk membuat bayi terbiasa terlebih dahulu dengan melakukan aktivitasnya di dalam air. Salah satunya adalah dengan membuat hal yang menyenangkan saat mandi, sesekali anda bisa memberikan percikan pada tubuh bayi. Anda juga bisa memilih beberapa tempat untuk berenang sehingga anda bisa membuat anak anda menjadi lebih nyaman.

Atau anda bisa melakukan proses pendaftaran khusus untuk bayi anda. Dengan bantuan dari kelas berenang untuk bayi tentu saja ini akan mengurangi rasa khawatir Anda. Walaupun sebenanrya peranan besar dari orang tua dalam kelas berenang juga penting. Nah kelas berenang pada bayi ini sendiri biasanya dipandu oleh beberapa instrukrur. Dan ini biasanya ada juga sesi kegiatan berenang yang cukup santai dan sangat menyenangkan.

Dan untuk selengkapnya berikut ini adalah beberapa tips mengajari bayi berenang diantaranya adalah

Memilih kolam renang

Cukup berbeda saat anda mengajarkan anak dengan bayi. Saat anda akan mengajarkan bayi untuk berenang ada baiknya untuk anda memperhatikan beberapa hal penting seperti pada saat anda akan memilih kolam renang, usahakan untuk memilih kelas khusus berenang untuk bayi dan ibu. Hal ini tentu saja tujuannya untuk memberikan rasa nyaman dan aman untuk anda dan bayi saat berenang.

Tetap Perhatikan kondisi kesehatan anda dan juga bayi

Saat anda melakukan proses berenang bersama dengan bayi, ada baiknya anda tetap memastikan kondisi kesehatan Anda dan juga bayi. Jika bayi mengalami masalah kesehatan seperti mengalami perut kembung atau masalah pencernaam maka sebaiknya untuk tidak melakukan aktivitas untuk berenang.

Berikan rasa aman saat berenang

Bayi biasanya memiliki ikatan batin yang cukup kuat dengan orang tuanya. Nah pada saat anda melakukan aktivitas berenang maka ada baiknya untuk anda mengajarkan bayi berenang dengan menjaga kontak mata dengan bayi anda. Berikan juga senyuman dan dorongan agar bayi mau belajar berenang.

Cobalah Untuk memperkenalkan kolam renang bayi

Salah satu langkah terbaik dalam memperkenalkan kolam renang pada bayi adalah dengan melatihnya dibagian tepi kolam. Dengan melatihnya maka bayi narbenvntinya tidak lagi kaget. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan duduk di kolam lalu masukkan bayi setangah badan dalam kolam renang dan mengangkatnya. Dengan begitu maka bayi akan mulai terbiasa.

Jangan Lupa berikan krim perawatan kulit

Ada beberapa bayi yang mengalami masalah pada kulitnya. Jika itu terjadi, maka Anda mungkin membutuhkan krim khusus untuk perlindungan kulit bail. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.

Tumbuhkan rasa keberanian saat berenang

Anda harus bisa membuat bayi yakin jika berenang adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Dengan begitu saat akan berlatih bayi berenang maka bayi akan merasa nyaman dan sangat senang.