Tes HIV bertujuan untuk memeriksa apakah seseorang terkena virus HIV atau tidak. Tes tersebut perlu dilakukan oleh siapa saja yang mencurigai dirinya tertular HIV tanpa harus menunggu adanya gejala – gejala tertentu. Supaya tes tersebut memberikan hasil yang akurat, tes sebaiknya dilakukan di saat yang tepat. Virus HIV biasanya baru akan terdeteksi di dalam tubuh seseorang 4 minggu sesudah tertular virus ini.

tes hiv

Apa Itu Tes HIV ?

Tes HIV merupakan tes yang dilakukan untuk menunjukkan apakah seseorang tertular HIV atau tidak. HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun manusia. HIV itu sendiri merupakan virus yang menyebabkan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome). AIDS merupakan tahap terparah infeksi HIV. Tes tersebut mampu mendeteksi adanya infeksi HIV. Namun tes tersebut tidak dapat memperlihatkan berapa lama seseorang sudah terinfeksi HIV atau jika seseorang sudah menderita AIDS.

Mengapa Perlu Melakukan Tes HIV ?

Banyak orang belum sadar betapa pentingnya melakukan tes HIV. Padahal mengetahui status HIV seseorang akan memudahkan diri untuk mendapatkan penanganan yang tepat sekaligus menjaga keselamatan orang lain. Jika tes menunjukkan hasil negatif, ini berarti Anda tidak terinfeksi virus tersebut. Langkah selanjutnya, lakukan berbagai tips yang dapat menghindarkan diri dari HIV misalnya pemakaian kondom saat berhubungan intim dan tidak berganti-ganti pasangan.

Jika hasil tes HIV positif, ini berarti tubuh telah terinfeksi HIV. Tetapi Anda masih dapat melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulailah untuk konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan ART (Antiretroval Theraphy). ART merupakan pengobatan untuk para penderita HIV. ART membantu orang-orang yang mengalami HIV agar memiliki hidup yang lebih sehat dan hidup lebih lama. Selain itu ART juga menurunkan risiko penularan HIV melalui hubungan seksual.

Dimana Melakukan Tes HIV ?

Tes HIV pada dasarnya sudah dapat dilakukan di berbagai rumah sakit, klinik kesehatan, organisasi layanan AIDS, dan puskesmas. Jika malu melakukan tes di tempat – tempat umum, tes pemeriksaan HIV saat ini sudah mulai dapat dilakukan sendiri di rumah. FDA atau Badan Administrasi Makanan dan Obat di Amerika Serikat belum lama ini telah menyetujui adanya alat pengetesan HIV yang dijual bebas. Jadi dengan alat tersebut, semua orang saat ini sudah dapat melakukan tes sendiri di rumah. Alat tes yang beredar di pasaran saat ini ada dua macam yakni HIV Ora Quick dan HIV Icare.

HIV Ora Quick merupakan alat pengetesan HIV pertama yang diakui oleh FDA untuk dilakukan masyarakat secara mandiri di rumah. Cara penggunaan alat ini sangat mudah dan hasilnya cukup mampu diandalkan. Sementara itu HIV Icare merupakan alat tes HIV pribadi yang sangat sensitif. Alat ini mampu memberikan hasil yang sangat cepat dan banyak dianjurkan oleh USAID. Dengan alat tersebut, hasil tes sudah dapat diperoleh dalam waktu 20 menit. Jika alat tersebut menunjukkan hasil positif, maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terkait untuk mendapatkan penanganan yang tepat.