tbc-kelenjar

Mungkin diantara pembaca masih ada yang bertanya-tanya apa itu penyakit TBC kelenjar  dan apakah penyakit ini mematikan atau tidak. Seperti namanya, penyakit ini menyerang sistem kelenjar. Penyakit ini bisa mematikan apabila tidak diatasi dengan baik. Penyakit TBC kelenjar adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh kuman yang menyebar kebagian organ yang berstruktur lembek seperti paru-paru atau bisa juga menyebar kebagian kelenjar getah bening. Akan sangat membahayakan bilamana kelenjar getah bening kita didatangi oleh kuman TBC yang dimana kita tahu bahwa biasanya kuman ini hanya hinggap diparu-paru saja. Sehingga ada namanya penyakit TBC paru yang dimana sering kali kita dengar, tetapi ternyata bakteri atau kuman ini bisa hinggap ke kelenjar getah bening kita. Biasanya orang-orang yang mengalami penyakit ini mengalami beberapa gejala yang bisa terlihat. Berikut adalah gejala penyakit TBC kelenjar :

Gejala TBC Kelenjar

– Biasanya sang penderita akan mengalami demam dalam waktu yang lama

– Selain itu, demam juga diiringi dengan batuk yang bisa dikatakan lama sembuhnya

– Sang penderita biasanya akan mengalami sebuah penurunan nafsu makan

– Terlihat sebuah benjolan yang nampak pada bagian-bagian tertentu misalnya saja ketiak, leher kiri atau kanan, sela paha atau pada daerah lain yang terdapat kelenjar getah beningnya.

Itulah tadi beberapa gejala yang diakibatkan oleh kuman TBC ini, tentu kita tahu bahwa yang lebih bisa merasakan gejala itu adalah sang penderita sehingga bagi orang luar akan nampak biasa tapi akan berbeda bagi yang merasakannya. Sehingga bagi mereka yang mengalami gejala tersebut ada baiknya untuk langsung mengadakan pengecekan karena sebenarnya penyakit ini bisalah dicegah atau diobati bila tidak terlalu parah.

Penyebab TBC Kelenjar

Penyebab penyakit TBC kelenjar ini adalah bakteri yang tidak sengaja masuk kebagian dalam tubuh kita sehingga menyebabkan beberapa gangguan. Bakteri ini biasanya bisa masuk kedalam tubuh kita melalui banyak cara salah satunya melalui pola hidup yang tidak sehat, karena dari sinilah biasanya banyak benda dari luar yang dimasukkan kedalam tubuh kita. Bisa makanan, minuman ataupun hal lain yang bisa kita konsumsi serta nikmati. Memang tidak ada salahnya kita untuk makan diluar ataupun hanya sekedar berkumpul bersama teman, tetapi haruslah sangat diperhatikan dari segi kesehatan tempat itu sendiri apakah tempat itu terjamin atau tidak. Dan tentu semua penyakit sebenarnya dapat kita cegah atau bahkan kita sembuhkan dan berikut adalah cara menyembuhkan TBC kelenjar :

Cara Mengatasi TBC Kelenjar

1. Peduli Dengan Diri Sendiri
Hal yang pertama yang bisa kita lakukan secara dini adalah kita harus peduli dengan diri kita sendiri bila kita mengalami sebuah perubahan yang kita rasakan dalam diri dan tentunya hal itu adalah sebuah perasaan yang tidak biasa yang kita rasakan sebaiknya kita bilang orang tua atau bahkan langsung adakan pengecekan. Mulailah peduli dengan keadaan diri kita, dan jangan terlalu memaksakan.

2. Membiasakan Pola Hidup Sehat
Jaman sekarang kita tidak tahu mana tempat makan yang bersih atau tidak, karena bakteri TBC biasanya berasal dari luar tubuh, sehingga dia bisa masuk melalui makanan atau minuman. Oleh sebab itu mulai sekarang cobalah untuk membiasakan pola hidup sehat rubah semua kebiasaan buruk seperti merokok, meminum-minuman keras yang tentu memiliki potensi minuman tersebut dihinggapi oleh bakteri TBC.
Dan untuk yang suka makan diluar cobalah untuk membiasakan diri membawa makanan dari rumah karena kita tidak tahu apakah makanan yang kita beli bersih atau tidak.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari serta mengobati penyakit ini. Semoga bisa membantu Anda.