Mengatasi perut panas kini sudah tidak sulit lagi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Fakta menunjukkan bahwa satu dari empat orang yang mengalami panas di perut menderita dispepsia, alergi makanan, dan gastritis. Berikut ini beberapa hal mengenai sensasi pertu terbakar.

Penyebab Timbulnya Sensasi Rasa Panas

Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya rasa panas di perut. Berikut ini beberapa di antaranya:

Infeksi bakteri H. pylori

Bakteri H. pylori merupajan salah satu bakteri yang dapat menyebabkan perut terasa panas. Pada praktiknya, bakteri ini akan merusak lapisan pelindung lambung. Akibatnya asam lambung menjadi tidak normal.

Alergi makanan

Pada umumnya, orang yang mengalami panas di perut terjadi setelah mengonsumsi jenis makanan tertentu. Ini artinya, perut yang terasa panas tersebut diakibatkan alergi terhadap makanan tertentu. Jika memang ini yang terjadi, mereka juga akan mengalami diare, demam, dan sebagainya.

Dilanda stres

Stres membuat sistem perncernaan menjadi berjalan secara abnormal.Akibatnya, tubuh melepaskan asam lambung sehingga membuat perut terasa panas. Itulah sebabnya, stres bisa menjadi penyebab munculnya sensasi rasa panas pada perut.

Adanya GERD

GERD (Gastroessophageal Refflux Disease) merupakan kondisi di mana otot berbentuk cincin yang terletak sebelum lambung bekerja tidak normal. Begitu makanan masuk, otot ini tidak bisa menutup secara sempurna. Akibatnya, asam lambung menjadi naik hingga kerongkongan yang menyebabkan perut menjadi panas seperti terbakar.

Terlalu sering mengonsumsi obat pereda nyeri

Obat-obat pereda nyeri seperti obat antiinflamasi dan nonsteroid dapat menyebabkan kadar asam lambung meningkat jika dikonsumsi terlalu sering. Akibatnya, perut Anda akan terasa panas.

Mengatasi Rasa Panas pada Perut

Rasa panas yang terasa di bagian perut tentu membuat banyak orang yang mengalaminya menjadi menderita. Aktivitas sehari-hari pun akan terganggung dengan adanya sensasi ini. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengatasi rasa panas pada perut. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya rasa panas pada perut.

Menerapkan gaya hidup sehat

Beberapa gaya hidup sehat yang dimaksud adalah tidak merokok, menurunkan berat badan jika Anda mengalami kelebihan berat badan, menghentikan minuman beralkohol, dan yang paling penting adalah melakukan olahraga secara rutin. Dengan melakukan gaya hidup sehat, Anda dijamin akan terhindar dari rasa panas pada perut akibat meningkatnya asam lambung.

Menerapkan pola makan sehat

Jika Anda mengalami masalah dengan lambung Anda hingga menyebabkan perut terasa panas, segera terapkan pola makan yang sehat. Hindari untuk mengonsumsi makanan pedas dan asam. Sebab, kedua jenis makanan inilah yang menjadi penyebab meningkatnya asam lambung. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang sedikit hambar, seperti biskuit, nasi, atau jagung.

Menenangkan hati agar tidak mudah stres

Stres bisa membuat asam lambung menjadi naik. Oleh karena itu, mengontrol agar tidak mudah stres merupakan salah satu cara menghindari munculnya rasa panas pada perut. Lakukan latihan pernapasan secara rutin setiap hari. Selain itu, selalu berpikirlah positif tentang segala hal, sehingga membuat hati Anda menjadi tenang karena tidak terpolusi hal-hal negatif.

Menjauhkan diri agar tidak mengonsumsi obat-obatan yang dapat merangsang naiknya asam lambung

Anda harus pandai-pandai dalam memilih obat tersebut.

Bahan Alami Mengatasi Munculnya Sensasi Terbakar pada Perut

Selain dengan membiasakan hidup sehat, rasa panas pada perut akibat asam lambung yang meningkat bisa Anda tanggulangi dengan mengonsumsi beberapa obat herbal alami. Berikut ini beberapa herbal alami yang bisa Anda konsumsi.

Jahe

Mengonsumsi jahe, baik secara langsung maupun dijadikan sebagai minuman, bisa mengurasi sensai rasa panas pada perut. Sebab, jahe dipercaya mampu mengurangi peradangan usus, sendawa yang tidak berhenti, maupun rasa terbakar pada perut.

Yogurt

Mengonsumsi yogurt secara teratur dua kali sehari dipercaya mampu menghindari terjadi panas pada perut.

Peppermint

Selama ini, bahan herbal yang satu ini dapat mengatasi adanya gas pada lambung. Selain itu, dengan mengonsumsi peppermint secara teratur dua kali sehari dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi perut panas.