Mengatasi masalah bayi cegukan memang gampang-gampang susah. Namun cara mengatasi bayi cegukan yang terpenting adalah anda tidak boleh panik. Memang jika bayi yang sedang diberikan susu mengalami cegukan membuat kita sebagai orang tua cukup khawatir. Namun yang harus Anda ketahui, ini bukanlah hal yang membahayakan. Karena cegukan sendiri sebenarnya cukup mudah untuk diatasi.

Penyebab Cegukan bayi

Cegukan pada bayi adalah salah satu tanda jika ada udara yang ikut masuk ke dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan bayi mengalami cegukan. Dan beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi adalah :

Salah dalam teknik menyusui

Melakukan proses menyusui dengan teknik yang salah misalnya jika puting tidak masuk pada mulut bayi dan juga bayi minum susu dengan dot yang besar, maka ini bisa menjadi salah satu penyabab udara masuk kedalam tubuh. Ada beberapa teknik yang baik sehingga anda bisa menyusui dengan benar sehingga bisa mencegah terjadinya cegukan. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut.

Mengalami penurunan suhu tubuh yang ekstrim

Jika bayi mengalami penurunan suhu tubuh yang ekstrim dan tiba-tiba mengalami kedinginan maka hal ini bisa menyebabkan timbulnya cegukan. Cek suhu tubuh ketika bayi cegukan, jika suhu tubuh bayi turun, ada baiknya anda membuat bayi anda lebih hangat.

Bayi mengalami stress

Jangan pernah menyepelekan hal ini. Bayi juga bisa mengalami stress. Meskipun biasanya tidak sering, tapi inil juga bisa menyebabkan bayi mengalami cegukan.

Mengatasi dan mengobati Bayi Cegukan

Nah setelah anda mengatahui kenapa bayi mengalami cegukan dan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, jangan panik dulu. Karena sebenarnya ada cara yang sangat mudah yang bisa anda lakukan dirumah sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah cegukan yang dialami oleh bayi Anda. Diantaranya adalah :

Tepuk pada bagian punggung bayi

Nah jika bayi anda secara tiba-tiba mengalami cegukan, maka anda tidak perlu khawatir. Yang perlu anda lakukan adalah dengan mengendong si bayi dengan posisi bayi deberdirikan. Kemudian anda bisa tepuk pada bagian punggungnya dan jangan terlalu keras tapi jangan juga terlalu lembut. Anda harus terus menepuknya hingga bayi bersendawa.

Cobalah untuk merubah posisi anda saat menyusui

Pada saat anda menyusui dan salah posisi; maka ini biasanya akan menyebabkan udara juga masuk ke dalam mulut bayi anda. Hal ini yang akhirnya menyebabkan bayi sering cegukan. Anda harus mengubah cara dan posisi anda saat menyusui agar tak udara yang masuk secara bersamaan dengan masuknya ASI. Jika cegukan masih terus berlangsung, maka anda bisa berhenti memberikan ASI, karena bisa mengakibatkan bayi tersedak dan justru mengakibatkan batuk.

Buat Bayi Bersendawa Setelah diberikan Susu

Usahakan untuk membuat bayi bersendawa. Ada beberapa cara membuat bayi bersendawa, misalnya seperti menepuk punggung bayi setiap kali setelah memberikan minum ASI pada bayi. Dengan begitu akan lebih kecil kemungkinan bayi anda untuk mengalami cegukan.

Berikan tepukan lembut pada punggung bayi

Langkah lain yang bisa anda lakukan dalam memberikan pengobatan pada bayi anda yang mengalami cegukan adalah dengan memberikan pijatan lembut atau memberikan tepukan lembut pada punggung bayi sehingga membuat bayi merasa jauh lebih rileks dan cegukan yang bayi alami akan semakin berkurang. Secara tidak langsung ini merupakan salah satu cara dan pengobatan dari cegukan.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan cegukan dan cara-cara mengatasi masalah cegukan yang mungkin terjadi pagi bayi. Yang terpenting adalah jika bayi Anda mengalami cegukan, maka sebaiknya Anda tidak panik. Karena jika anda panik maka akan mempersulit Anda menyembuhkan bayi Anda yang cegukan.