Kesibukan setiap pagi bagi beberapa orang memang sering menjadi alasan untuk tidak membuat sarapan atau bahkan sekedar makan pagi. Tetapi, tahukah Anda bahwa menyisihkan beberapa menit waktu dipagi untuk sarapan atau mengisi perut sungguh sangat bermanfaat bagi Anda? Bahkan manfaat sarapan dapat meningkatkan produktivitas kerja Anda tanpa disadari!

Kali ini kami akan mengulas beberapa manfaat sarapan yang penting untuk diketahui agar hidup Anda jadi lebih bersemangat.

Sarapan bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh

Manfaat sarapan akan mendukung aktivitas Anda seharian. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi di pagi hari, maka tubuh dan otak Anda akan segera merespon dan bekerja setelah semalaman makanan diproses. Tanpa sarapan pagi, tubuh Anda akan kurang memiliki suplai energi, dan bisa-bisa membuat tubuh Anda lemas.

Menurut para ahli, hendaknya sarapan dilakukan paling lama dua jam setelah bangun di pagi hari. Kemudian jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh yang terkandung dalam sarapan Anda antara 20-35% sesuai kebutuhan kalori harian Anda.

Selain menambah asupan energi bagi tubuh Anda, dengan sarapan Anda juga akan mendapatkan nutrisi penting dari bahan makanan yang Anda konsumsi, seperti Kalsium, Zat Besi, Vitamin B, serat dan Protein. Tubuh Anda membutuhkan nutrisi-nutrisi penting ini dalam keseharian. Penelitian menunjukkan bahwa jika nutrisi tadi dilewatkan saat sarapan pagi, maka akan kecil kemungkinan untuk bisa di gantikan di jam atau waktu yang lain.

Buah dan sayuran sangat penting bagi tubuh Anda sebagai sumber serat juga vitamin awal hari. Jadi, usahakan untuk memasukan buah dan sayuran di dalam porsi sarapan Anda, misalnya sebuah Apel, atau pisang atau bisa juga juice.

Manfaat sarapan juga dapat membuat berat badan Anda terjaga. Telah dibuktikan bahwa mereka yang sarapan pagi lebih terkontrol berat badannya, atau berada pada skala ideal (tidak kelebihan berat maupun kekurangan berat). Mereka tidak sarapan akan lebih tertarik untuk memakan makan yang berlebihan, atau makanan tinggi gula di siang hari dan tentunya akan tidak disadari menambah berat badan atau menambah lemak di tubuh.

Maka dari itu, manfaat sarapan sangatlah penting bila ingin hidup lebih sehat dan mendapatkan berat badan ideal.

Fungsi Kognitif

Manfaat sarapan dapat mengembalikan tingkat gula darah ke kondisi normal, sehingga Anda tidak akan mencari makanan atau snack yang tidak sehat di siang hari. Bahkan tingkat gula darah Anda dapat stabil sampai sore hari. Gula darah yang terkontrol juga dapat membuat Anda lebih fokus dalam bekerja maupun beraktivitas.

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa dengan sarapan, maka dapat mempertajam ingatan, meningkatakn konsentrasi, dan juga membuat Anda lebih bahagia! Hal ini karena sarapan berefek pada mood yang lebih baik serta menurunkan stress.

Pada anak-anak juga sarapan terbukti dapat meningkatkan perhatian dalam kelas serta mempengaruhi tingkah laku, yang mana akan membuat mereka lebih mungkin untuk mendapatkan nilai yang lebih bagus dalam kelas.

Sama seperti organ lain di tubuh, otak Anda membutuhkan energi agar dapat bekerja maksimal, maka dari itu sarapan adalah penting.

Menghindarkan Diabetes

Studi memperlihatkan bahwa mereka yang memilih untuk sarapan pagi memiliki resiko 32% lebih kecil untuk terserang penyakit diabetes ketika usia tua, dibandingkan dengan yang tidak sarapan. Sungguh angka yang besar bukan?

Orang yang melewatkan sarapan ternyata dapat resisten terhadap insulin, yang mana resistensi insulin ini dapat meningkatkan resiko diabetes.

Kesehatan Jangka Panjang

Manfaat sarapan dapat menurunkan resiko penyakit jantung, Obesitas, tekanan darah tinggi dan Diebetes. Apa artinya itu? Itu artinya Anda akan memperoleh kesehatan tubuh dengan waktu yang lebih panjang.

Manfaat sarapan juga dapat menguatkan ikatan kekeluargaan antar anggota keluarga. Biasakanlah untuk sarapan pagi bersama-sama dengan suami, istri, maupun anak-anak Anda agar kebersamaan selalu terjaga.

Tentu saja semua orang menginginkan hidup yang sehat dan umur yang panjang, jadi mulailah dengan tidak melupakan sarapan pagi Anda dari sekarang. Sebuah perubahan kecil yang dapat membuat hidup Anda lebih baik.