Manfaat buah naga untuk ibu hamil ternyata cukup besar. Hal ini mungkin jarang diketahui para ibu hamil atau bahkan para khalayak umum. Banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. Kandungan-kandungan yang ada dalam buah memiliki manfaat yang baik untuk perkembangan janin.
Berikut beberapa manfaat buah naga untuk ibu hamil

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Di dalam setiap 100 gram daging buah naga terkandung 0,65% zat besi. Zat besi sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah, Apalagi bagi para ibu hamil muda yang sangat mudah mengalami anemia. Hal itu terjadi karena pada saat hamil sel darah merah dalam tubuh ibu hamil akan terbagi dua yaitu untuk tubuh ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang sedang dikandungnya.

Mencegah Sembelit

Buah naga kaya akan serat. Seperti yang kita tahu selama ini, serat berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Kandungan serat pada buah naga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga ibu hamil akan terhindar dari sembelit. Karena ibu hamil juga rentan sekali mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lain. Disarankan untuk mengkonsumsi 100 gram buah naga untuk ibu hamil setiap harinya.

Membentuk tulang dan Gigi

Pertumbuhan tulang dan gigi tentu saja tak terlepas dari peran kalsium. Buah nagapun juga mengandung kalsium. Kalsium pada buah naga dapat membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin. Selama masa kandungan, kalsium sangat diperlukan agar nantinya janin dapat terlahir secra normal dan mencegah kecacatan pada bayi.

Menyerap Protein

Seperti yang kita ketahui, protein sangat berperan sebagai zat pembangun. Namun, tidak semua protein bisa diserap langsung. Buah naga mengandung vitamin B1 yang bisa menjadi katalis pada proses penyerapan protein di dalam tubuh janin.

Mencegah kelainan Sistem Syaraf Tulang Belakang

Buah naga mempunyai kandungan folat. Manfaat folat yang ada di dalam buah naga adalah membantu menyempurnakan sistem syaraf tulang belakang pada janin. Perkembangan sistem syaraf pada janin haruslah sesuai dengan umur janin tersebut. Pada usia usia awal kehamilan bayi akan sangat rentan terkena kelainan syaraf tulang dan mengalami kecacatan.

Mencegah penyakit Beri-Beri

Penyakit beri-beri dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B1. Di dalam buah naga terkandung vitamin B1 sehingga dapat disimpulkan bahwa manfaat buah naga untuk ibu hamil salah satunya untuk mencegah penyakit beri-beri.

Mencegah kelahiran premature

Seperti untuk mencegah kelainan sistem syaraf tulang beelakang tadi, ternyata kandungan folat pada uah naga juga bermanfaat untuk mencegah kelahiran secara premature. Janin-janin yang lahir secara premature bisa disebabkan karena kurangnya folat.

Menghilangkan Dehidrasi

Para ibu hamil sangat mudah mengalami dehidrasi. Tentunya hal ini sangat membahayakan janin. Kandungan buah naga yang kaya akan air dapat digunakan untuk mencegah dehidrasi selama masa kehamilan. Selain mencegah dehidrasi, kandungan air dalam buah naga juga dapat mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan.

Melawan Penyakit

Kandungan fitokimia pada buah naga dapat bermanfaat untuk melawan penyakit yang menyerang. Baik itu penyakit yang menyerang ibu hamil maupun yang menyerang janin, Penyakit-penyakit ringan seperti flu, demam, bisa dilawan dengan mengkonsumsi buah naga.

Menangkal Radikal Bebas

Dalam buah naga terkandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat memebrikan efek tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan terutama janinnya. Radikal bebas juga sangat berpotensi menyebabkan bayi lahir premature hingga bayi lahir dengan keadaan cacat.

Selain manfaat-manfaat di atas, masih banyak sekali manfaat buah naga untuk ibu hamil. Beberapa diantaranya adalah sebagai sumber energi, membantu pertumbuhan dan perkembangan janin, meningkatkan imunitas tubuh, menyempurnakan penglihatan, mencukupi gizi, dan menormalkan tekanan darah dan gula darah.

Alternatif Mengkonsumsi Buah Naga

Buah naga memiliki bentuk yang unik dan memiliki warna daging yang bervariasi. Begitupula dengan cara mengkonsumsinya pun juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi. Buah naga dapat di konsumsi dengan cara langsung dikupas dan dipotong kecil-kecil. Dapat juga dengan cara dihancurkan dan dijadikan jus buah segar, atau alternatif inovatif lain yaitu buah naga dapat dijadikan puding dan bahan campuran es buah. Cara mengonsumsi yang bervariatif menjadikan para ibu hamil ataupun orang-orang tidak akan bosan mengonsumi buah naga. Ibu hamil disarankan memakan buah naga dengan jumlah yang cukup dan tidak terlalu berlebihan namun juga harus teratur apalagi mengingat banyaknya manfaat buah naga untuk ibu hamil.