Ada beberapa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Beberapa diantara penyakit tersebut dikategorikan sebagai penyakit yang berbahaya. Malaria adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai penyakit malaria. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan Anda bisa menangani penyakit malaria dengan baik dan benar agar tidak semakin parah.

malaria

Penyebab Penyakit Malaria

Secara spesifik, penyakit malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Anopheles. Nyamuk tersebut adalah nyamuk yang membawak virus malaria. Penyakit ini sangat umum ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Hal ini karena daerah-daerah tersebut adalah tempat yang nyaman bagi parasit untuk berkembang biak. Untuk penyakit malaria, nyamuk Anopheles tersebut membawa virus yang terdapat dalam parasit plasmodium. Saat nyamuk dengan parasit tersebut menggigit Anda, maka parasit yang dibawa oleh nyamuk tersebut akan langsung menyebar ke aliran darah dan dalam beberapa hari Anda akan menderita penyakit malaria. Pada saat parasit tersebut sudah masuk ke dalam aliran darah, parasit akan menyerang bagian liver. Setelah beberapa hari, parasit akan menyerang sel darah merah. Anda akan mulai merasakan gejala umum penyakit malaria setelah 2 hari hingga 3 hari. Malaria juga bisa ditularkan melalui ibu kepada bayi saat melahirkan jika sang ibu memang terserang penyakit malaria sebelum melahirkan. Selain itu, penyakit malaria bisa ditularkan melalui transplantasi organ, transfusi darah, serta pengunaan jarum suntik yang sama secara bergantian.

Gejala Setelah Terserang Virus Malaria

Setelah parasit masuk ke tubuh, maka Anda akan merasakan beberapa gejala sebagai tanda penyakit malaria. Gejala umum ini biasanya akan terjadi secara bertahap hingga 10 hari setelah Anda mendapatkan gigitan nyamuk Anopheles yang membawa parasit plasmodium. Gejala pertama saat mengalami penyakit malaria adalah tubuh yang menggigil. Tubuh yang menggigil tersebut justru diikuti dengan demam yang sangat tinggi. Selain itu, Anda pun akan mengeluarkan keringat dingin. Demam dan rasa menggigil tersebut diikuti dengan sakit kepala, diare, anemia, nyeri otot, hingga koma. Karena itu, jika terjadi gejala tersebut ada baiknya segera ke dokter. Dokter akan melakukan diagnosa berdasarkan laporan kesehatan Anda termasuk jika Anda baru saja pergi ke tempat-tempat yang rawan penyakit malaria. Jika gejala tersebut mengarah pada penyakit malaria, dokter akan langsung melakukan tes darah. Dengan melakukan tes darah ini, Anda akan mengetahui apakah Anda memang terserang penyakit malaria atau tidak. Selain itu, Anda pun tahu jenis penyakit malaria apa yang menyerang Anda termasuk apakah penyakit ini akan mengakibatkan malaria atau sudah menyerang organ vital Anda. Perlu Anda ketahui bahwa penyakit malaria yang tidak ditangani dengan baik dan benar akan sangat membahayakan bahkan mengakibatkan kematian. Penyakit malaria bisa sangat berbahaya jika mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah di otak. Penyakit malaria juga bisa mengakibatkan gangguan pernapasan karena jantung terisi cairan. Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit malaria juga akan merusak beberapa organ vital seperti ginjal, liver, dan limpa termasuk kadar gula dalam darah yang sangat rendah dan anemia.

Cara Mengatasi Saat Didiagnosa Menderita Penyakit Malaria

Apa yang harus dilakukan jika Anda didiagnosa menderita penyakit malaria? Penyakit ini harus ditangani dengan baik karena itu Anda harus segera ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat khusus sesuai dengan tingkat atau jenis malaria yang Anda derita. Dokter juga akan memeriksa apakah ada risiko serius seperti kerusakan otak dan organ vital lainnya akibat dari penyakit malaria ini. Jika terjadi komplikasi, maka dokter akan memberikan perawatan dan pengobatan khusus.

Pencegahan Virus dan Penyakit Malaria

Karena penyakit malaria adalah penyakit yang berbahaya, ada baiknya Anda mencegah dan menjaga diri agar tidak terserang penyakit ini. Misalnya, saat Anda akan berkunjung ke tempat yang rawan penyakit malaria, kunjungi dokter agar mendapatkan resep khusus yang dikonsumsi saat ke tempat tersebut. Selain itu, Anda juga harus membersihkan lingkungan sekitar agar terbebas dari nyamuk khususnya nyamuk Anopheles yang membawa parasit yang menyebabkan penyakit malaria. Jika diperlukan pasang jaring anti nyamuk dan krim anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk. Semoga dengan cara ini, Anda bisa mencegah penyakit malaria. Anda dan keluarga pun bisa hidup sehat tanpa penyakit apapun.