Makanan untuk ibu hamil muda tentu saja harus diperhatikan nilai hiegenitas dan kandungan gizinya. Karena, makanan yang dikonsumsi ibu hamil sangat mempengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya. Untuk itu, ibu hamil haruslah lebih selektif dan mengatur pola makan agar dirinya dan juga janinnya sehat sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Sebenarnya banyak sekali ragam makanan untuk ibu hamil muda yang menyehatkan. Namun seringkali kendala yang dialami oleh para ibu hamil muda terutama pada trisemester pertama adalah mengidam dan morning sick. Kedua hal tersebut sangat berpengaruh terhadap mood dan nafsu makan para ibu hamil. Bahkan kadangkala ada yang sampai tidak nafsu untuk memakan apapun. Hal itu perlu disiasati dan perlu dikonsultasikan juga dengan dokter kandungan atau bidan masing-masing. Dan satu hal lagi, mengidam yang sedikit mengkhawatirkan adalah apabila para ibu hamil adalah apabila makanan yang diidamkan tidak sehat. Tentunya hal itu haruslah di tahan oleh para ibu hamil, karena cukup berbahaya bagi janin. Hiraukan mitos yang selama ini berkembang di masyarakat seperti ‘Kalau ngidam tak dituruti, maka bayi akan ngiler’ karena mitos-mitos seperti ini tidak benar.

Makanan Untuk Ibu Hamil Muda dan Manfaatnya

Makanan yang mengandung Asam Folat

Kandungan asam folat dapat mencegah keguguran janin, bayi lahir prematur, dan kecacatan pada bayi. Makanan yang banyak mengandung asam folat dapat ditemukan pada sayur-sayuran hijau seperti selada, brokoli, sawi, bayam, buncis, kacang kedelai dan pada buah-buahan dapat ditemukan pada jambu biji, strawberry, dan alpokat.

Makanan Berserat

Serat banyak kita temui pada biji-bijian. Ibu hamil muda dapat mengkonsumsi roti gandum, sereal, atau nasi merah. Makanan yang kaya akan serat dapat mencegah ibu hamil mengalami konstipasi dan ambeien.

Makanan yang mengandung Zat Besi

Ibu hamil seringkali cepat mengalami kelelahan. Hal itu bisa terjadi karena ibu hamil kekurangan sel darah merah atau sering kita sebut dengan anemia. Hal ini bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seoeri daging-dagingan, kacang-kacangan, dan makanan yang berasal dari laut.

Makanan yang mengandung Kalsium

Kalsium membantu pertumbuhan tulang janin. Makanan yang banyak mengandung kalsium banyak sekali kita temukan. Ibu hamil bisa meminum olahan susu secara rutin. Selain susu, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi yogurt dan keju.

Air Putih

Tidak hanya ibu hamil, orang biasa pun dianjurkan untuk meminum air putih. Kalau orang biasa saja disarankan demikian, apalagi ibu hamil? Selama hamil, diusahakan untuk ibu hamil selalu mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup. Air putih tentu saja sangat bermanfaat dalam melancarkan metabolisme tubuh.

Tips Pola Makan untuk Ibu Hamil Muda

Pada awal trisemester sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan yang belum matang atau belum mengalami pengolahan. Hal itu untuk menghindari kemungkinan adanya bakter-bakteri yang belum mati dan tercemar kuman bibit penyakit. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika ibu hamil ingin mengkonsumsi makanan laut atau seafood. Beberapa seafood terindikasi mengandung merkuri, yang tentunya itu sangat tidak baik baik bagi janin. Jika ingin memakan seafood, jenis yang di sarankan adalah mengkonsumsi ikan salmon segar dan udang. Namun ingat, makanan-makanan tersebut harus diolah secara matang. Untuk makanan sejenis ikan-ikanan pun bagi ibu hamil dibatasi maksimal 340 gram per minggu.

Untuk ibu hamil, jam makan pun juga harus diperhitungkan dengan baik. Seharusnya ibu hamil muda tidak langsung memakan makannnya dalam jumlah banyak sekaligus. Alangkah lebih baiknya jika makanan untuk ibu hamil muda dikonsumsi sedikit-sedikit namun dalam jangka waktu yang tidak terlalu pendek. Jadi, ibu hamil harus sering-sering makan walaupun tiap kali waktu makan, ia hanya mengkonsumsi sedikit.

Makanan-makanan sehat saja tak cukup. Keseimbangan emosi dan nutrisi lain juga sangat mempengaruhi. Para ibu hamil dapat mengkombinasikan makanan-makanan sehat dengan vitamin, obat penambah darah, dan nutrisi-nutrisi lain yang dianjurkan oleh dokter kandungan atau bidan.

Nah.. Itu tadi beberapa tips dan pantangan yang dapat dijadikan referensi makanan untuk ibu hami muda dan bagi ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Ingat, semua tips di atas haruslah dijaga keseimbangannya. Jangan sampai Anda terlalu over memakan makanan dengan kandungan tertentu. Dan juga jangan lupa mengatur jadwal makan meliputi jam makan dan menu-menu harian makanan untuk ibu hamil muda.