Lambung luka atau yang lebih sering dikenal dengan istilah medis tukak lambung adalah luka yang terjadi karena ada lapisan sphingter sekaligus dinding lambung yang terkikis dan menyebabkan sistem pencernaan makanan terganggu. Penyakit ini bisa menimpa segala usia dan apabila Anda ingin terhindar dari penyakit ini, tak ada salahnya menyimak informasi berikut.

Penyebab luka lambung

Penyakit yang satu ini bisa disebabkan banyak hal, mulai dari:

Infeksi bakteri Heliobacter Pylori

Infeksi bakteri Heliobacter Pylori bisa tanpa sengaja masuk kedalam tubuh ketika Anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maupun tidak bersih pengolahannya.

Penggunaan Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan non steroid maupun obat pereda nyeri yang lama kelamaan mengikis selaput dinding lambung.

Konsumsi rokok dan minuman keras

Konsumsi rokok dan minuman keras yang berakibat pada penyusutan sel lambung sekaligus mengakibatkan luka pada area sphingter. Dalam hal ini, kadar nikotin dan tar rokok yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan penurunan penyerapan sari makanan oleh saluran pencernaan dan penurunan kinerja enzim lambung.

Stress psikis

Penyebab lain yang bisa menyebabkan lambung luka adalah stres psikis yang berlebihan. Dalam hal ini, kondisi stres akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon dan enzim pencernaan sehingga Anda mengalami pengikisan selaput dinding lambung.

Konsumsi makanan pedas

Meski bukan penyebab langsung, konsumsi makanan pedas juga dapat membuat lambung luka dan cairan asam lambung meningkat kadarnya.

Gejala penyakit

Ada beberapa gejala yang bisa terjadi ketika seseorang mengalami luka di area lambungnya, seperti:

– Rasa nyeri yang berlangsung mendadak di area leher, pusar, dan punggung. Pada beberapa pasien, terkadang gejala ini membuat penderitanya tidak mampu melakukan aktiivitas berat selama beberapa hari.

– Mual, muntah, dan perut terasa begah atau banyak angin.

– Nafsu makan berkurang dan mengalami gangguan pencernaan seperti terasa sulit mencerna mupun gejala lainnya.

Pencegahan lambung luka

Untuk menghindari penyakit lambung luka ini, ada beberapa metode pencegahan yang bisa dilakukan, seperti:

– Mengurangi konsumsi kopi, teh, maupun minuman lain yang mengandung kafein. Hal ini karena secara tidak langsung kadar kafein yang sangat tinggi bisa memicu peningkatan asam lambung dan pengikisan sphingter lambung.

– Menghindari obesitas dengan mengkonsumsi makanan sehat sesuai dengan jumlah kalori normal yang dibutuhkan per hari.

– Ketika Anda memiliki gejala maag selain gejala luka di bagian lambung, usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan menghindari konsumsi makanan pedas serta berlemak.

– Jangan mengkonsumsi rokok maupun alkohol yang dapat melukai dinding lambung.

– Konsumsi bahan makanan kaya zat atioksidan dan mineral yang pastinya diolah dengan cara yang lebih higienis dan minim minyak.

Pengobatan lambung luka

Ketika Anda sudah terkena penyakit lambung karena ada luka didalamnya, ada dua metode pengobatan yang bisa dilakukan. Untuk metode medis, Anda bisa menerapkan beberapa metode, seperti:

Pemakaian antasida dan alginat

Ketika lambung terluka, penggunaan obat yang mengandung antasida dan alginat akan membantu dalam melindungi dinding lambung. Selain itu, kedua senyawa tersebut mampu mengurangi rasa nyeri yang terasa saat cairan asam lambung naik.

Pemakaian antibiotik

Setiap pasien penderita tukak lambung maupun luka di area lambungnya bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik yang dosisnya disesuaikan dengan daya tahan tubuh pasien yang bersangkutan.

Selain dengan menggunakan metode medis, ada beberapa cara herbal yang bisa dicoba saat luang, seperti:

Konsumsi madu dan mengkudu

Mengkudu tergolong bahan alami yang mengandung berbagai senyawa aktif, seperti antioksidan, mineral, terpenoid, dan flavonoid. Komposisi senyawa alami tersebut membantu menguatkan otot lambung dan mencegah lambung terserang gejala nyeri. Anda bisa menghaluskan dua buah mengkudu dan mencampur air sarinya bersama 100ml air dan 3 tetes madu.

Konsumsi rebusan daun sirsak

Salah satu bahan alami yang bisa dipakai untuk mengobati lambung luka adalah rebusan daun sirsak. Anda bisa membersihkan terlebih dahulu 5 lembar daun sirsak yang direbus dalam 400ml air. Tambahkan madu kedalamnya dan tunggu hingga mendidih. Saring dan minum air rebusan 3 kali sehari untuk mengembalikan fungsi lambung Anda seperti sediakala.