Sebenarnya ada beberapa efek buruk yang bisa ditimbulkan jika ibu hamil minum minuman es. Walaupun demikian ada banyak ibu hamil yang masih sering melakukannya. Mungkin Anda juga pernah mendengar bahwa jika ibu hamil mengonsumsi es, maka ini berefek tidak baik untuk kesehatannya. Terutama untuk beberapa jenis es yang memiliki kadar glukosa yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan masalah bagi Ibu hamil.

Es menjadi salah satu pantangan yang sering dikaitkan dengan banyak mitos yang sering beredar di masyarakat. Ada mitos yang berkembang jika ibu yang mengonsumsi es biasanya akan membuat banyak masalah pada bayinya. Tapi sebenarnya ada beberapa fakta kesehatan yang berhubungan langsung dengan kesehatan bayi jika ibu mengonsumsi es. Diantaranya adalah:

Ibu akan menjadi mudah lelah

Air es sebenarnya bisa membuat ibu yang hamil merasa lebih mudah lelah. Hal ini karena air es sendiri bisa menghambat terjadinya penyerapan gizi untuk ibu hamil. Misalnya adalah asupan untuk karbohidrat. Jika ibu hamil mengalami kekurangan energi, maka tentu saja ibu hamil akan mudah lelah dan juga tidak bertenaga.

Membuat badan gemuk

Ibu yang sedang dalam masa kehamilan biasanya memiliki badan yang jauh lebih gemuk terutama ketika mereka mengonsumsi es. Alasannya adalah dikarenakan makanan yang sudah dikonsumsi mengalami proses pembakaran yang lebih lama. Sehingga lemak menjadi tidak terbakar dan mengakibatkan terjadinya penumpukan kalori. Penumpukkan kalori ini akhirnya dapat membuat ibu hamil mengalami kegemukan dan tentu saja ini bisa mengakibatkan terhambatnya proses persalinan.

Bayi akan mengalami berat badan berlebih

Untuk berat badan normal dari seorang bayi biasanya 2.5 kg hingga 3 kg. Jika lebih biasanya akan dikatakan berlebihan. Berat yang berlebih ini bisa memberikan masalah pada rahim dan Ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk melahirkan dengan cara normal. Hal ini biasanya dikarenakan ibu mengonsumsi air dengan glukosa yang biasanya dilakukan ketika minum minuman es.

Bisa mengakibatkan diabetes

Salah satu bahaya minum minuman es bagi ibu hamil adalah karena jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, bisa menyebabkan diabetes. Nah jika ibu hamil mengalami diabetes, maka janin akan mengalami imbasnya. Diabetes juga akan membuat asupan kandungan gula pada janin meningkat hal inilah yang biasanya menyebabkan bayi memiliki berat badan dan ukuran tubuh berlebihan yang bisa menghambat kelancaran proses persalinan

Mengalami masuk angin

Masuk angin juga menjadi salah satu masalah lain yang biasanya dialami oleh ibu yang terlalu banyak mengonsumsi minuman es. Ibu hamil sebaiknya sebisa mungkin menjaga diri dari masuk angin, karena masuk angin bisa membuat kondisi ibu hamil semakin menurun dan akhirnya menyebabkan morning sickness. Dengan kata lain, terlalu banyak mengonsumsi minuman es untuk ibu hamil bisa menyebabkan terjadinya perubahan suhu secara mendadak dalam tubuh. Suhu yang panas menjadi dingin ini biasanya yang membuat ibu hamil sering masuk angin.

Sering mengalami haus yang berlebihan

Mengonsumsi minuman es sebenarnya hanya menghilangkan rasa haus untuk sementara. Karena itu saat ibu yang sedang hamil mengonsumsi minuman es, maka ia akan justru merasakan rasa haus yang jauh berlebihan. Ketika hal ini terjadi maka tubuh akan mengalami ketidak seimbangan. Yang akhirnya membuat ibu mengalami kekurangan cairan dan dehidrasi.

Membuat bagian usus menyempit

Minum minuman es saat hamil akan menyebabkan ibu mengalami pengerutan bagian dinding ususnya. Tidak hanya ibu yang hamil, semua orang akan mengalami hal yang sama jika mengonsumsi minuman es berlebihan. Hal ini dikarenakan penghancuran dan penyerapan makanan dalam usus menjadi terganggu.

Tarjadinya Gangguan Pencernaan

Minuman es bisa menyebabkan menyempitnya saluran pencernaan, sehingga Ibu hamil pun bisa mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini bisa menghambat penyaluran gizi ke janin. Dan secara tidak langsung bisa membuat janin mengalami gangguan nutrisi.