Tak salah jika penyakit kanker disebut sebagai penyakit mematikan di dunia. Sel-sel kanker bisa menyerang seluruh anggota tubuh manusia kecuali rambut dan kuku. Anda harus waspada dengan macam-macam penyakit ini. Kanker usus besar adalah salah satu jenis kanker yang menyerang bagian sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan diserang, maka akan mengganggu proses asupan makanan dan metabolism tubuh.

kanker usus

Apa itu kanker usus?

Kenker usus besar merupakan kanker yang menyerang bagian pencernaan tubuh yaitu usus besar. Usus besar adalah bagian terakhir dalam sistem pencernaan manusia yang berfungsi krusial. Penyakit ini bisa menyerang siapapun oleh segala usia. Namun, rata-rata penderita penyakit ini berusia lebih dari 60 tahun. Kanker usus besar ini biasanya diawali dengan gumpalan-gumpalan kecil yang semakin tak terkendali seiring berjalannya waktu.

Gejala penyakit kanker usus

Seperti pada umumnya penyakit kanker yang menyerang manusia, kanker usus besar juga hamper tak ada gejala yang dirasakan atau ditimbulkan saat tahap awal. Berikut ini beberapa gejala yang biasanya dirasakan para penderita kanker usus besar. Gejala kanker usus besar adalah adanya darah di tinja atau kotoran. Seringkali juga terjadi pendarahan pada bagian anus apabila buang air besar. Selain itu, adanya perubahan tekstur terhadap kepadatan kotoran tinja yang harus diperhatikan. Hampir kebanyakan penderita kanker mengalami penurunan berat badan secara drastic. Hal ini juga berlaku pada kanker usus. Penderita kanker usus juga lebih sering lelah dan kram di bagian perut yang sangat mengganggu. Bagian perut juga terasa kembung dan sering sembelit. Tak jarang penderita kanker usus besar juga hilang nafsu makan dan diare. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut, bisa jadi Anda terkena kanker usus besar. Periksalah ke dokter untuk mendapatkan penjelasan dan kepastian tentang ini. Tetapi, tak semua orang merasakan semua gejala diatas. Ada beberapa penderita yang merasakan sering buang air besar atau adanya darah di tinja. Bila Anda mengalami sembelit dan diare secara bergantian, hal ini patut diwaspadai.

Penyebab penyakit kanker usus

Pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh yang tak normal dan tak terkendali biasanya merupakan sel-sel kanker. Sel-sel ini juga bersifat merusak dan menyebabkan penyakit kanker pada tubuh. Pada penyakit kanker usus, biasanya terdapat gumpalan sel-sel di lapisan dinding usus pada bagian dalam. Kemudian gumpal tersebut berkembang dan menjalar ke bagian tubuh yang bisa menghancurkan sel-sel normal lainnya di tubuh. Bahkan sel-sel itu bisa menjalar ke bagian tubuh lainnya. Meskipun pada awalnya sel-sel tersebut merupakan sel tak berbahaya yang berguna untuk menjaga kestabilan dan kenormalan fungsi tubuh.

Selain gumpalan tersebut, biasanya penyebab penyakit kanker usus adalah dikarenakan banyaknya mengkonsumsi daging merah dan kekurangan serat yang berpengaruh pada proses pencernaan di dalam tubuh. Pola hidup yang kurang sehat juga bisa menyebabkan kanker usus besar seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol. Faktor obesitas juga bisa menjadi penyebab kanker usus besar. Ada beberapa faktor penyebab kanker usus, seperti usia yang lebih 60 tahun, menderita gangguan pencernaan, diabetes, kurang berolahraga, sindrom Lynch, dan gumpalan polip di dalam usus besar.

Pencegahan penyakit kanker usus

Menerapkan pola hidup sehat sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan kanker usus besar. Anda bisa memperkecil resiko terkena penyakit ini dengan rutin berolahraga selama dua setengah jam dalam satu minggu. Jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah bermacam-macam tergantung kekuatan tubuh. Selain itu, makanlah makanan sehat untuk mengurangi resiko terkena kanker usus besar. Pilihlah makanan yang kaya serat dan bervitamin. Kurangilah konsumsi alkohol dan merokok. Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Cara menyembuhkan kanker usus

Untuk mengobati kanker usus, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan kanker usus.

Operasi

Operasi pengangkatan sel-sel kanker bisa dilakukan dan menjadi cara pertama yang dilakukan untuk mengobati kanker usus. Proses pengangkatan ini harus memotong bagian usus besar yang terkena penyakit kanker.

Kemoterapi dan Radioterapi

Selain operasi, Anda juga bisa melakukan kemoterapi dan radioterapi. Kemoterapi dilakukan dengan melakukan penyuntikan obat anti kanker yang bisa menyebabkan mual dan muntah. Sedangkan radioterapi dilakukan dengan penyinaran untuk membunuh sel-sel kanker.