Kanker tulang merupakan jenis kanker yang diderita oleh tulang tanpa memandang umur tua atau muda, segala usia memiliki potensi untuk terkena penyakit ini. Bila kita teliti lebih detail lagi, penyakit ini dibagi menjadi dua yaitu kanker primer dan kanker sekunder. Dimana secara umum kita ketahui bahwa kanker primer adalah jenis kanker yang berada dalam tulang sedangkan kanker sekunder merupakan jenis kanker yang berasal dari organ lain yang menjalar ke tulang sang penderita. Berikut adalah beberapa gejala penyakit kanker tulang.

kanker-tulang

Gejala Penyakit Kanker Tulang

– Merasakan nyeri pada bagian tulang yang diserang oleh sel kanker

– Bila diperhatikan secara mendalam terdapat sebuah pembengkakan pada daerah sekitar tulang

– Mengalami perapuhan atau pelemahan tulang

– Tubuh jadi mudah terasa lelah

– Terjadinya penurunan berat badan

– Demam

– Biasanya penderita akan mengeluarkan keringat pada malam hari

Gejala-gejala diatas bisa dijadikan indikator bahwa seseorang terkena penyakit kanker tulang. Bila Anda merasakan gejala-gejala diatas, Anda perlu lebih memperhatikan kesehatan Anda dan segera memeriksakan diri ke Dokter. Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan kanker tulang.

Penyebab Penyakit Kanker Tulang

– Terkena paparan radiasi dalam volume yang cukup tinggi, dimana hal ini didapatkan dari beberapa pengobatan yang pernah dialami oleh penderita misalnya saja radioterapi.

– Mengalami pertumbuhan tulang yang sangat cepat pada saat pubertas

– Sejak lahir penderita menderita penyakit hernia umbilitikus

– Penderita mengidap penyakit paget, atau yang memiliki arti kondisi yang melemahkan tulang sang korban.

Dari beberapa penyebab penyakit kanker tulang diatas ternyata semua lebih mengarah kepada faktor-faktor keturunan yang memiliki riwayat penyakit ini. Namun tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah penyakit kanker tulang.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Tulang

– Rajin-rajinlah menjemur diri dipagi hari karena dengan melakukan hal ini kita bisa mendapatkan vitamin D yang bisa digunakan untuk membantu perkembangan tulang

– Menghindari mengonsumsi minuman beralkohol

– Hindarilah beberapa makanan yang mengandung zat-zat karsiogenetik, yaitu zat yang memicu kanker

– Lakukanlah olahraga yang teratur, karena olahraga dapat menguatkan tulang kita

– Rajin mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna

Tentu pencegahan ini diperuntukkan bagi mereka yang belum mengalami hal ini. Tetapi bagi yang sudah, jangan berkecil hati. Penyakit ini bisa disembuhkan. Berikut adalah beberapa langkah cara menyembuhkan kanker  tulang yang sudah kami rangkumkan.

Cara Mengobati Penyakit Kanker Tulang

1. Operasi

Secara umum bila kita berbicara masalah kanker maka hal yang berkaitan dengan penyakit ini adalah operasi. Operasi diperlukan guna mengangkat sel-sel karsinogenetik yang sudah melekat pada tulang kita dan biasanya prosedur ini dilakukan bagi mereka yang berada di stadium awal, karena kanker belum menyebar secara keseluruhan. Biasanya tulang yang sudah terkena kanker akan diangkat dan digantikan oleh tulang serta sendi buatan yang sudah disiapkan.

2. Amputasi

Hal terakhir yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan amputasi atau pemotongan suatu organ. Tentu hal ini hanya dilakukan jika sudah tidak ada lagi pilihan yang lebih baik. Amputasi terpaksa dilakukan karena kanker sudah menjalar dan hampir mengenai pembuluh darah, saraf serta kulit. Sehingga agar terhindar dari kematian, tindakan amputasi perlu dilakukan.

Itulah tadi beberapa cara pengobatan kanker tulang dan beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker tulang. Semoga bisa membantu Anda