Kanker tiroid merupakan salah satu penyakit kanker yang berbahaya. Kanker ini berawal dari tumor yang berada pada jaringan bagian epitel tiroid. Biasanya Kanker tiroid ini terjadi pada anak-anak dan wanita yang berusia 40 tahun ke atas. Kanker tiroid menempati sekitar 1 % dari keseluruhan kasus penyakit kanker yang ada.

kanker-tiroid

Bagaimana penyakit Kanker tiroid ini bisa terjadi dan apakah penyebabnya, akan kita uraikan dalam artikel ini.

Peyebab Kanker Tiroid

– Penyebab yang pertama untuk penyakit Kanker tiroid ini adalah biasanya karena faktor makanan, yaitu kekurangan atau pun terlalu banyak mengonsumsi yodium. Hal ini dapat memicu sel-sel kanker pada kelenjar tiroid.

– Adanya radiasi yang berlebih yang dapat memicu sel-sel kanker pada epitel tiroid.

– Adanya peningkatan pada sekresi estrogen pada tubuh.

– Adanya faktor genetik atau keturunan yang mewariskan penyakit ini pada keturunan atau anggota keluarganya

– Adanya perkembangan dari penyakit lain seperti penyakit gondok, hipertiroid,tiroiditas limfositik kronis yang menjurus ke arah kanker tiroid

Beberapa hal diatas dapat menjadi penyebab dan faktor yang memicu penyakit Kanker tiroid pada seseorang. Terdapat beberapa gejala yang timbul yang dapat kita lihat jika kita sudah mengalami penyakit Kanker tiroid ini.

Gejala Kanker Tiroid

Beberapa gejala yang terjadi diantaranya adalah :

– Ada benjolan tumor tiroid yang membesar secara cepat dan tiba-tiba

– Suara menjadi serak

– Susah untuk menelan

– Sulit untuk bernafas

– Benjolan yang timbul menjadi keras

– Benjolan tidak bergerak dalam kondisi anda sedang makan atau bergerak

– Terdapat beberapa benjolan tersebut.

Bagaimana cara kita melakukan pemeriksaan tahap berikutnya jika kita sudah mengalami gejala yang ada seperti Kanker tiroid diantaranya adalah langkah-langkah sebagai berikut :

Pemeriksaan Kanker Tiroid

Pergi ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan radio nuklida, agar dapat diketahui letak dan bentuk serta posisi Kanker tiroid tersebut.

Melakukan pemeriksaan dengan melakukan cek laboratorium untuk mengetahui jenis kanker yang dialami.

Pemeriksaan dengan USG untuk memeriksa lebih dalam dari gejala penyakit yang timbul dan bentuk benjolan pada bagian tersebut.

Pemeriksaan dengan sinar X, yang dapat melihat beberapa bentuk bagian yang memiliki gejala tumor atau yang sudah menyebar menjadi kanker pada bagian epitel tiroid ini.

Pemeriksaan dengan cara CT Scan, pada pemeriksaan ini kita akan langsung dapat melihat  bagian yang terkena, titik dan lokasi kanker yang ada pada bagian tubuh yang ada di epitel tiroid ini.

Pengobatan Kanker Tiroid

Ada beberapa cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit Kanker tiroid ini. Jika pasien sudah dinyatakan positif terkena penyakit Kanker tiroid, maka usaha penyembuhan yang dapat dilakukan  diantaranya adalah sebagai berikut :

Operasi

Operasi ini dilakukan untuk mengangkat penyebab sumber tumor yang ada yang dapat memicu penyakit kanker pada bagian epitel tiroid ini.

Dengan cara radioterapi

Untuk folikular adenokarsinoma, akan cocok dilakukan dengan cara radioterapi pada bagian yang memiliki penyakit tersebut.

Kemoterapi berkelanjutan

Pada semua penyakit kanker, termasuk Kanker Tiroid, akan disarankan melakukan tindakan kemoterapi untuk mengobati penyakit kanker tersebut.

Melakukan pengobatan tradisional

Biasanya dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa racikan dari tumbuh-tumbuhan untuk menekan perkembangan sel kanker yang ada pada tubuh, dan juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan efek racun yang ditimbulkan dari berbagai alat-alat kemoterapi dan lainnya.
Untuk semua cara penyembuhan tersebut, khasiatnya bergantung kepada kepercayaan dan sugesti yang ada pada penderita. Kanker tiroid memiliki tingkat penyembuhan yang sulit pada stadium akhir, maka disarankan untuk melakukan pola makan yang sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga untuk menekan sel-sel kanker yang berkembang secara cepat. Dan yang terpenting pola makan yang sehat juga bisa menjadi cara untuk mencegah terjadinya penyakit Kanker tiroid.