Kanker tenggorokan mungkin tidak terlalu sering kita dengar, sehingga banyak yang masih awam dengan penyakit ini. Seperti kebanyakan penyakit kanker yang lain, penyakit ini bisa dikatakan sebagai penyakit yang berbahaya dan bisa mengancam kehidupan kita. Tenggorokan adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia, sehingga masalah pada tenggorokan akan menimbulkan efek yang berbahaya. Bila kita lihat dari pengertiannya, kanker tenggorokan adalah sebuah tumor yang tumbuh didalam tenggorokan. Tumor ini dapat tumbuh dan berkembang dibagian tenggorokan seperti faring, laring, atau bahkan tonsil.

kanker-tenggorokan

Gejala Kanker Tenggorokan

Berikut adalah  beberapa gejala penyakit kanker tenggorokan yang dialami oleh penderita.

– Sulit ketika menelan makanan
– Terjadinya perubahan suara yang dialami oleh sang korban
– Biasanya korban akan mengalami batuk yang kronis
– Korban akan mengeluhkan sakit pada tenggorokannya
– Seringnya mengalami kesakitan dibagian telinga atau telinga sering berdenging
– Timbulnya benjolan yang tidak kunjung sembuh
– Terjadinya penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya
– Terlihat adanya pembengkakan di bagian mata, rahang, tenggorokan serta leher.

Gejala diatas merupakan hal-hal yang bisa dirasakan oleh penderita kanker sebelum mereka mengidap penyakit ini. Penyakit ini memang terkadang jarang diketahui oleh banyak orang karena gejala-gejala yang ditimbulkan mirip seperti penyakit radang tenggorokan. Sehingga mereka menganggap penyakit ini sepele dan tidak segera memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Kanker Tenggorokan

Penyebab penyakit kanker tenggorokan ini biasanya disebabkan oleh adanya mutasi dari bagian sel. Mutasi ini memicu pertumbuhan sel yang tidak terkendali jumlahnya dan menimbulkan efek kanker. Dan kemungkinan besar mutasi-mutasi sel itu dipancing oleh beberapa hal seperti dibawah ini.

– Mengonsumsi tembakau dalam jumlah yang banyak dan berterusan baik kunyah maupun hisap
– Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
– Jarangnya makan sayur dan buah-buahan

Cara Mencegah Kanker Tenggorokan

Seperti kebanyakan penyakit kanker, penyakit ini umumnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat.  Tapi kita bisa mencegah penyakit ini dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut ini merupakan beberapa upaya  pencegahan penyakit kanker tenggorokan yang bisa kita lakukan.
Yang utama dan pasti adalah membiasakan pola hidup sehat seperti menghindari rokok, mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, mengurangi makanan dengan gula yang berlebih dan perbanyak minum air putih. Minum air putih ini sangat penting dan banyak sekali manfaatnya untuk menjaga kesehatan.
Dan bagi kita yang sedang menderita penyakit ini tentunya jangan berputus asa dan tetap berusaha untuk menyembuhkan penyakit ini. Di bawah ini merupakan beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit kanker tenggorokan.

Cara Mengobati Kanker Tenggorokan

1. Melakukan Operasi

Hal ini mungkin ditakuti oleh sebagian orang. Ketika mendengar kata “operasi”, yang ada dipikiran kita hanya hal-hal yang mengerikan. Namun jangan khawatir, operasi bisa dibilang cukup ampuh untuk menangani penyakit ini. Operasi dilakukan dengan pengangkatan sel kanker. Operasi ini ternyata dapat dikatakan cukup ampuh untuk mereka yang sedang menderita kanker tenggorokan, terutama pada stadium awal.

2. Melakukan Laringektomi

Laringektomi atau yang biasa dikenal dengan pengangkatan sebagian atau keseluruhan dari kotak suara bisa dijadikan cara terampuh untuk mengobati penyakit yang satu ini. Karena dengan mengangkat sel ini maka para dokter bedah akan bisa menangani tumor kecil yang ada ditenggorokan tersebut.

3. Melakukan Faringektomi

Seperti laringektomi, namun pada faringektomi organ yang diangkat bukanlah kotak suara melainkan sebagian atau seluruh bagian dari tenggorokan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para dokter dalam menangani tumor yang ada.

4. Pengangkatan Noda Limfa Leher

Metode ini dikenal cukup ampuh untuk mengobati kanker tenggorokan. Operasi ini hanya dilakukan bilamana sel kanker itu sudah menyebar kesemua luas pada leher dan proses ini juga dimaksudkan untuk mengecek sel kanker pada noda limfa,
Itulah tadi beberapa cara untuk mengobati kanker tenggorokan. Karena kita tahu penyakit ini mematikan ada baiknya mari kita melakukan pola hidup yang sehat dimulai dari sejak dini.