Kanker bisa menyerang siapa saja baik wanita dan pria. Ada beberapa jenis kanker yang khusus menyerang pria. Salah satunya adalah kanker prostat. Kanker ini tentu saja sangat berbahaya dengan tingkat kesembuhan yang sangat rendah.

kanker-prostat

Apa Itu Kanker Prostat?

Prostat merupakan kelenjar kecil yang terletak di panggul pria yang termasuk dari sistem reproduksi pria. Prostat ini berada di bagian bawah kandung kemi dan didepan rectum yang berfungsi untuk membawa urin ke penis. Kanker prostat adalah jenis kanker yang menyerang bagian prostat pada pria yang tentu saja mengganggu proses buang air kecil. Kanker prostat biasanya sangat ganas. Banyak penderita kanker ini yang terlambat ditangani sehingga berakibat fatal.

Gejala penyakit kanker prostat

Kanker prostat biasanya bersifat agresif dan berkembang dengan pesat. Kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang tak ada gejala yang bisa dirasakan pada stadium awal sehingga seringkali sudah parah setelah dideteksi. Biasanya gejala penyakit ini akan timbul setelah sudah berada di stadium berlanjut yang membuat prostat besar dan bengkak. Bila Anda merasa lebih sering untuk buang air kecil terutama di malam hari, ini adalah pertanda awal penyakit ini. Biasanya buang air kecil disertai rasa nyeri yang luar biasa. Bagian kandung kemih terasa selalu penuh yang membuat kurang nyaman. Selain itu, keluarnya darah di dalam air mani ataupun urin. Bila Anda kencing, biasanya Anda tak perlu mengejan. Gejala-gejala ini biasanya muncul setelah kanker sudah berada di stadium menengah ataupun akhir sehingga sulit untuk diobati.

Penyebab penyakit kanker prostat

Sebenarnya belum jelas faktor apa saja yang bisa menyebabkan kanker prostat. Banyak dokter yang menyatakan bahwa kanker prostat ini diakibatkan karena sel-sel prostat yang berkembang secara tak normal. Mutasi sel-sel tak normal tersebut tumbuh lebih cepat daripada sel-sel tubuh normal. Saat sel-sel normal mati, maka sel-sel abnormal tersebut tidak akan ikut mati sehingga berbahaya. Akumulasi dari sel-sel tersebut akan membentuk sel-sel kanker atau tumor yang bisa menyerang jaringan prostat kapanpun.

Pencegahan penyakit kanker prostat

Penyakit kanker prostat memang bisa dicegah. Tetapi, takdir tak bisa dihindari. Untuk meminimalkan resiko terkena serangan kanker, maka Anda bisa melakukan beberapa upaya pencegahan kanker prostat.

Makan Makanan Sehat

Salah satu upaya pencegahan adalah dengan memilih makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin. Anda bisa memilih sayuran dan buah-buahan. Hindarilah makanan yang mengandung lemak tinggi karena kurang sehat bagi tubuh. Makanan sehat dan alami jauh lebih sehat dan bernutrisi bagi kesehatan tubuh.

Berolahraga

Berolahraga berdampak baik bagi kesehatan. Untuk mencegah kanker prostat, tak ada salahnya Anda memperbaiki kesehatan tubuh dengan berolahraga. Hanya sedikit kasus terkena kanker prostat bagi Anda yang gemar berolahraga. Dengan berolahraga, maka Anda bisa menjaga berat badan ideal Anda. Kurangilah asupan kalori berlebih di dalam tubuh yang berasal dari makanan agar resiko terkena kanker prostat lebih rendah.

Konsultasi dengan Dokter

Langkah terakhir adalah dengan rutin berkonsultasi dengan dokter. Biasanya riwayat kanker prostat bisa menjadi faktor penyebab kanker ini. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter bagaimana cara mencegah pembesaran prostat dan penyakit ini secara baik dan benar.

Pengobatan Kanker Prostat

Semakin awal kanker prostat terdiagnosis dan terdeteksi, maka peluang hidup penderita lebih besar. Bila kanker ini terdeteksi di stadium akhir, maka kesempatan sembuh sangat kecil sekali. Pengobatan kanker prostat bisa dilakukan dengan melakukan beberapa tahap. Biasanya pengobatan kanker ini dilakukan dengan melakukan operasi pengangkatan kelenjar prostat untuk meminimalkan penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh. Setelah itu, Anda bisa melakukan radioterapi dan kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh. Namun, apabila sel-sel kanker itu sudah menyebar ke tulang, maka sangat mustahil bisa disembuhkan. Untuk kanker yang sudah menyebar, pengobatan hanya berguna untuk memperpanjang usia seseorang dan mengurangi sakit yang ditimbulkan. Kanker prostat hanya menyerang sistem reproduksi pria sehingga kanker ini seringkali disebut sebagai kanker khusus pria.