Kanker payudara adalah jenis kanker yang terjadi akibat terjadinya abnormalitas sel yang ada di payudara. Kanker ini paling banyak terjadi pada kaum wanita meski terjadi pula pada pria dengan angka kasus yang jauh lebih rendah. Kanker payudara sudah menjadi salah satu kanker paling mematikan pada wanita di seluruh dunia dan lebih banyak terjadi di negara-negara berkembang. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa wanita dengan kanker payudara di negara yang lebih miskin lebih banyak ketimbang wanita yang hidup berkecukupan atau hidup di negara yang sudah maju. Salah satunya adalah karena perbedaan kebiasaan makan dan juga gaya hidup.

kanker payudara

Gejala kanker payudara

Ciri2 kanker payudara yang paling banyak dikeluhkan ketika dirasakan adalah rasa sakit kepala yang konstan dan juga rasa sakit pada payudara. Gejala yang bisa dilihat oleh orang lain dan menjadi dasar bagi diagnosa dokter adalah melihat bentuk payudara pasien. Pasien dengan suspect kanker payudara umumnya ditandai dengan adanya kulit yang menebal pada bagian payudara atau adanya pembengkakan. Ciri2 kaker payudara lain yang adalah:

1. Rasa sakit pada payudara atau pada ketiak yang tidak ada hubungannya dengan periode menstruasi

2. Warna kulit pada bagian payudara memerah atau mengerut seperti pada kulit jeruk

3. Adanya ruam pada puting payudara

4. Pembengkakan pada bagian ketiak

5. Puting payudara mengeluarkan cairan, kadang juga mengeluarkan darah

6. Perubahan bentuk pada puting

7. Perubahan bentuk atau ukuran pada payudara

8. Kulit puting atau kulit payudara bisa bersisik, atau mengelupas

Stadium kanker payudara

Tingkatan pada jenis kanker payudara dibagi menjadi 4 tingkat yaitu kanker payudara stadium 1, kanker payudara stadium 2, kanker payudara stadium 3, dan kanker payudara stadium 4. Menentukan tingkat kanker pada pasien kanker penting untuk menentukan metode pengobatan yang akan diberikan. Semakin tinggi tingkat stadium kanker, semakin sulit untuk ditangani karena biasanya kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Untuk menentukan tingkatan kanker payudara, dokter akan melakukan satu atau beberapa tes pada pasien yang umumnya meliputi tes darah, mammogram, X-ray payudara, scan tulang, CT scan, atau PET scan.

Penyebab kanker payudara

Sama halnya dengan kebanyakan kanker, penyebab kanker payudara dikarenakan pertumbuhan jumlah sel yang abnormal dan merusak sel-sel yang sehat sehingga menjadi kanker. Para peneliti belum bisa memastikan apa yang menyebabkan sel-sel ini menjadi abnormal tetapi setidaknya kanker payudara bisa diwaspadai dengan mengantisipasi hal-hal yang menyebabkan risiko wanita terkena kanker payudara lebih besar. Faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan kanker payudara adalah sebagai berikut:

1. Wanita yang sudah menopause lebih berisiko terkena kanker payudara

2. Faktor keturunan anggota keluarga dekat yang terkena kanker payudara atau kanker rahim

3. Wanita yang pernah terkena kanker payudara meski sudah sembuh

4. Wanita dengan jaringan payudara yang lebih padat

5. Wanita yang mengalami menstruasi lebih awal dan menopause yang lebih lambat ketimbang rata-rata

6. Obesitas setelah menopause

7. Wanita yang memiliki tinggi badan lebih tinggi dari rata-rata

8. Mengonsumsi alkohol

9. Melakukan CT scan, X-ray, atau terapi hormon

Pencegahan dan penyembuhan kanker payudara

Penyebab pasti kanker payudara belum diketahui, yang bisa dilakukan untuk mengecilkan kemungkinan terkena kanker ini adalah dengan menghindari faktor-faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara. Banyak faktor risiko kanker yang berasal dari gaya hidup. Cara pencegahan kanker payudara misalnya dengan:

1. Mengendalikan konsumsi alkohol dengan tidak mengonsumsi alkohol lebih dari satu gelas per hari atau tidak sama sekali

2. Berolahraga atau latihan fisik setidaknya sebanyak 5 kali dalam seminggu

3. Mengikuti pola makan yang sehat dengan gizi yang seimbang

4. Untuk wanita menopause sebaiknya batasi terapi hormon

5. Melakukan tes atau breast screening secara rutin

6. Memberikan ASI.

Untuk mengobati pasien dengan kanker payudara, tim dokter akan menentukan metode apa yang digunakan untuk penyembuhan kanker yang didasarkan pada stadium kanker, apakah kanker payudara stadium 1, kanker payudara stadium 2, kanker payudara stadium 3, atau kanker payudara stadium 4. Tim dokter juga akan melihat apakah sel kanker sensitif terhadap hormon, kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan, dan juga usia pasien. Opsi penyembuhan untuk mengatasi kanker payudara umumnya meliputi operasi, radioterapi, terapi dengan menggunakan obat-obatan, terapi hormon, dan/atau kemoterapi.