Kanker adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia yang menyerang siapa saja. Salah satu penyakit kanker yang sering merenggut nyawa adalah kanker paru-paru. Pastinya Anda tak asing dengan penyakit ini, yang seringkali diderita oleh pria. Inilah penjelasan tentang kanker paru-paru.

Kanker paru-paru

Apa Itu Kanker Paru-Paru?

Kanker paru-paru adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang fungsi paru-paru manusia. Paru-paru berperan penting dalam menyebarkan oksigen ke seluruh aliran darah ketika Anda bernafas dan membuang karbon dioksida. Kanker ini adalah penyakit kanker yang umum terjadi pada pria. Penyakit ini disebabkan karena penyebaran sel-sel kanker di daerah paru-paru. Sebenarnya kanker ini adalah salah satu jenis penyakit kanker yang bisa dicegah. Kanker ini sering kali dikaitkan pada kebiasaan merokok.

Gejala Penyakit Kanker Paru-Paru

Seperti beberapa penyakit umum lainnya, pastinya kanker paru paru juga memiliki gejala awal. Layaknya jenis kanker lainnya, pada tahap awal, penyakit kanker paru-paru sama sekali tak ada tanda-tanda apa pun. Gejala kanker ini akan timbul setelah sel-sel kanker sudah menyebar dan mencapai stadium tertentu. Jika Anda mengalami sesak nafas, nyeri di dada, mudah lelah, batuk berkelanjutan dan semakin parah hingga mengalami batuk berdarah, maka anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Beberapa gejala lain kanker paru-paru adalah sebagai berikut: Sakit kepala, sakit tulang, dan pembengkakan di muka, berat badan semakin turun, selera makan hilang, kesulitan menelan, suara serak dan bentuk jari yang semakin cembung.

Penyebab Penyakit Kanker Paru-Paru

Ada beberapa penyebab penyakit kanker paru-paru. Penyebab utama penyakit ini adalah merokok. Baik perokok pasif ataupun aktif sama-sama berisiko terkena penyakit ini.

Perokok Aktif dan Pasif

Merokok bisa menyebabkan penyakit kanker paru-paru. Jika Anda adalah seorang perokok aktif, maka Anda berisiko terkena kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung lebih dari 50 zat-zat berbahaya penyebab kanker. Awalnya tubuh masih bisa menetralkan racun-racun dari rokok. Namun, lama kelamaan tubuh sudah tak mampu melakukannya. Sedangkan bagi perokok pasif, asap rokok bisa menyebabkan Anda terkena penyakit ini.

Polusi Udara

Selain kebiasaan merokok, polusi udara juga bisa menjadi penyebab kanker paru-paru. Risiko terkena kanker paru-paru akan meningkat saat Anda terpapar polusi udara. Contoh polusi udara adalah asap pabrik dan kendaraan.

Paparan Senyawa Kimia

Senyawa kimia di tempat kerja juga bisa menyebabkan kanker paru-paru. Ada beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan senyawa kimia sehingga Anda harus waspada terhadap zat kimia ini. Anda yang bekerja di lingkungan yang terpapar senyawa kimia seperti karsiogenik, asbes, silica, batu bara, dan nikel berisiko tinggi memunculkan kanker paru-paru.

Radiasi

Radiasi adalah salah satu penyebab kanker paru-paru. Biasanya ini adalah bagian udara yang dihirup. Radiasi merupakan gas radioaktif yang bisa menurunkan kesehatan tubuh. Jika zat ini dihirup maka akan merusak fungsi paru-paru.

Pencegahan penyakit kanker paru-paru

Untuk mencegah penyakit kanker paru-paru semakin serius, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Langkah pertama adalah hidup sehat dan menghilangkan kebiasaan merokok. Sebaiknya Anda mulai makan makanan sehat dan menghindari merokok. Selain itu, sebisa mungkin hindarilah polusi udara yang ada di lingkungan. Dan, jangan lupa untuk menghindari terpaparnya radiasi dan senyawa kimia.

Cara menyembuhkan kanker paru-paru

Ada beberapa cara menyembuhkan kanker paru-paru yang bisa dilakukan. Pengobatan ini biasanya tergantung pada level kanker yang diderita. Bila kanker ini masih dalam tahap awal, Anda bisa melakukan operasi pengangkatan. Selain itu, untuk mematikan sel-sel kanker, Anda bisa melakukan kemoterapi dan radioterapi. Radioterapi dan kemoterapi biasanya dilakukan untuk membunuh sel-sel dan jaringan kanker di dalam paru-paru. Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan dari dokter dan herbal untuk mencegah perkembangan sel-sel kanker yang semakin mengganas. Bila Anda didiagnosis terkena kanker paru-paru, mulailah hidup lebih sehat untuk mencegah sel-sel kanker semakin parah.