Kanker mata merupakan salah satu penyakit kanker yang dapat terjadi pada siapapun. Seperti halnya penyakit kanker lainnya, beberapa hal dapat menyebabkan terpicunya penyakit kanker yang terjadi pada bagian mata ini. Walaupun kasus untuk kanker mata tidak sebanyak penderita kanker lainnya, kanker ini tetap membahayakan. Biasanya kanker mata yang terjadi pada anak-anak adalah retinoblastoma dimana penyakit ini menyerang bagian retina pada mata. Dan kebanyakan pada orang yang telah dewasa, kanker mata yang biasa terjadi adalah melanoma dan limfoma.

kanker-mata

Penyebab Penyakit Kanker Mata

Penyebab kanker mata biasanya timbul atau terjadi karena beberapa hal, yaitu :

Sinar Matahari atau ultra violet

Sinar matahari dan juga paparan ultra violet diduga bisa menjadi penyebab penyakit kanker mata karena hal tersebut dapat memicu pertumbuhan sel-sel yang dapat menyebabkan penyakit kanker mata.

Usia

Salah satu penyebab lainnya diduga karena pertambahan usia. Dengan bertambahnya usia, maka daya tahan tubuh melemah, dan memungkinkan tumbuhnya sel-sel yang dapat memicu kanker mata.

Warna Mata yang Terang

Orang yang memiliki kecenderungan warna mata yang lebih terang memiliki kemungkinan lebih besar untuk terkena penyakit kanker mata. Seperti warna mata abu-abu. Biru ataupun hijau.

Adanya Faktor Kelainan Kulit ataupun Keturunan

Faktor kelainan ataupun keturunan juga dapat diduga menjadi penyebab terjadinya kanker mata. Terutama orang yang memiliki bakat tumbuh tahi lalat di beberapa bagian tubuhnya, maka kemungkinan mengalami penyakit kanker mata lebih besar.

Gejala Penyakit Kanker Mata

Setelah kita membahas penyebab yang diduga bisa menjadi faktor yang memicu kanker mata, maka kita akan membahas apa saja yang menjadi gejala-gejala penyakit kanker mata ini. Diantaranya adalah :

Adanya benjolan pada mata

Seperti gejala penyakit kanker lainnya, biasanya ditandai dengan benjolan pada bagian mata biasanya dapat kita lihat di area kelopak mata, dengan adanya benjolan ini maka penglihatan pada mata akan mulai terganggu. Jika hal ini terjadi, anda harus segera memeriksakan diri ke dokter mata.

Adanya titik putih di pupil mata.

Biasanya ciri-ciri ini juga terlihat pada bagian pupil mata, dimana titik putih ini dapat terlihat dengan menggunakan senter atau cahaya, jika terlihat maka segera periksakan diri anda ke dokter mata.

Bintik hitam pada bagian iris mata

Sama seperti titik putih, bintik hitam juga dapat terlihat di iris mata, yang merupakan gejala adanya gangguan pada mata.

Mata bengkak

Salah satu gejala lainnya adalah mata bengkak. Biasanya mata bengkak ini dialami oleh salah satu bagian mata, dan ini akan terlihat seperti iritasi mata biasa, tetapi jika hal ini sering terjadi, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Rasa nyeri pada mata

Salah satu bagian mata akan terasa nyeri yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada penderitanya.

Sering keluar air mata

Jika mata sering mengeluarkan air mata walaupun tidak dalam kondisi anda menangis, maka perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter mata.

Mata berwarna merah

Jika gejala-gejala semakin terlihat dan warna mata menjadi merah, seperti iritasi tetapi yang tidak kunjung sembuh, maka anda harus cepat memeriksakan kondisi anda.

Mata mengalami gangguan gerakan mata atau juling

Jika fungsi gerakan mata sudah mulai mengalami kelainan pergerakan atau menjadi juling secara tiba-tiba, maka ini sudah dalam kondisi yang membahayakan. Segera periksakan diri ke dokter mata anda.

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Kanker Mata

Itulah beberapa gejala yang biasanya terjadi pada penyakit kanker mata ini. Jangan menganggap sepele hal-hal tersebut, karena dapat mengganggu aktivitas penglihatan anda. Mulailah selalu dengan hidup sehat, perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk mata anda seperti wortel, brokoli, anggur dan makanan anti kanker lainnya.

Dan jika anda merasa sudah mengalami salah satu gejala di atas, maka segera periksakan kondisi mata anda ke ahlinya, yaitu dokter mata. Jangan sampai tindakan yang terlambat mengakibatkan resiko yang lebih besar, terutama jika anda sudah terdiagnosa. Jika hal ini terjadi, maka anda harus lakukan pengobatan. Pengobatan kanker mata dapat dilakukan dengan cara kemoterapi, operasi dan juga terapi laser pada bagian mata anda yang mengalami kanker mata.