Kanker lambung merupakan jenis kanker yang tumbuh serta berkembang dengan menggerogoti bagian lambung. Sebagaimana diketahui, lambung merupakan organ penting yang berada dalam rongga perut seluruh manusia. Lambung memiliki fungsi penting sebagai bagian sistem pencernaan. Kanker jenis ini umumnya diidap segala usia, meskipun sebagian besar penderitanya tercatat berusia di atas 55 tahun.

kanker-lambung

Kanker jenis ini juga masih terbagi dalam beberapa jenis yakni:

– GIST (tumor stroma gastrointestina), yang merupakan kanker dengan area serangan di sekitar otot-otot dinding perut atau jaringan ikat.

– Limfoma lambung dengan sel kanker yang menggerogoti area jaringan limfatik sebagai jaringan yang bertugas membantu tubuh dalam melawan infeksi.

– Carcinoid yang merupakan kanker dengan area tumbuh atau perkembangan pada sel-sel dalam lambung yang bertugas untuk menghasilkan hormon.

Gejala-gejala Kanker Bagian Lambung

Beberapa gejala yang umum dirasakan oleh penderita jenis kanker yang menyerang lambung saat masih berada di stadium awal antara lain:

– Sering bersendawa
– Perut kembung, mulas hingga sakit tidak tertahankan
– Tulang dada terasa nyeri
– Cepat kenyang meskipun makan sedikit
– Mual hingga muntan
– Kesulitan untuk menelan makanan
– Mengalami ganggguan pencernaan yang tergolong cukup serius dan terlalu sering kambuh

Sedangkan gejala yang ditimbulkan ketika stadiumnya sudah memasuki kondisi parah diantaranya:

– Muntah darah
– Sakit kuning
– Anemia
– Kehilangan nafsu makan
– Tubuh mudah lelah
– Tinja menjadi kehitaman atau disertai dengan darah
– Perut mengalami pembengkakan
– Berat badan turun secara drastis

Untuk mencegah kondisi dari gejala yang ditimbulkan semakin parah, lebih baik ketika sudah merasakan gejala-gejala dari kanker bagian lambung stadium awal langsung melakukan konsultasi ke dokter. Dengan demikian, tindakan pengobatan atau penanganan segera dapat dilakukan secara tepat ketika Anda memang didiagnosis mengidap kanker yang tumbuh maupun yang sudah berkembang pada area lambung.

Penyebab Munculnya Kanker Pada Lambung

Sebenarnya penyebab dari munculnya kanker pada lambung masih belum diketahui pastinya. Namun, umumnya kanker akan tumbuh saat sel-sel yang terdapat pada bagian tertentu lambung berkembang diluar batas kendali. Akibat adanya pertumbuhan yang terlalu berlebihan tersebut, sel yang awalnya bersifat normal dalam membantu tubuh agar dapat berfungsi dengan baik terakumulasi menjadi tumor. Dimana tumor tersebut yang bersifat merusak kemudian menjalar ke berbagai bagian tubuh lainnya.
Beberapa faktor tambahan yang juga memicu munculnya kanker pada bagian lambung manusia antara lain adalah karena usia yang sudah mencapai di atas 55 tahun dan berjenis kelamin laki-laki, mempunyai kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, riwayat keluarga dengan kondisi penyakit serupa, hingga menderita infeksi yang sudah terjadi dalam waktu lama.

Pencegahan Kanker Agar Tidak Tumbuh Di Lambung

Agar dapat terhindar dari bahaya penyakit kanker dengan jenis ini, beberapa langkah sehat berikut wajib untuk Anda terapkan sehari-hari:

– Mengurangi konsumsi makanan dengan proses pengolahan pengasapan,
– Mengurangi kadar garam pada makanan,
– Memperbanyak asupan buah dan sayur,
– Menghindari rokok

Patuhi apapun yang sudah direkomendasikan oleh dokter ketika Anda didiagnosis mengidap jenis kanker ini. Ketika mengalami infeksi pada lambung segeralah lakukan konsultasi dan obati hingga tuntas. Setidaknya untuk dapat melindungi dari berbagai penyakit berbahaya, terutama seperti kanker tentunya memang sangat disarankan menjalani gaya hidup sehat. Jangan lupa untuk menjaga tubuh agar terus aktif. Termasuk juga mengubah menu makanan sehari-hari menjadi lebih sehat.

Pengobatan Lambung yang Terserang Kanker

Tujuan utama dari pengobatan terhadap lambung yang diserang oleh kanker tidak lain menyembuhkan penyakit tersebut hingga tuntas ke akar-akarnya. Mengenai metode yang umumnya digunakan memang sangat bergantung terhadap stadium dari penyakit yang diderita sekaligus kondisi kesehatan dari pasien yang bersangkutan. Dalam kasus penyakit kanker pada area lambung yang tergolong tidak dapat lagi disembuhkan, biasanya dokter lebih menerapkan pengobatan yang membantu pasien merasa nyaman dengan cara mengurangi beberapa gejala yang terus dirasakan pasien. Setidaknya sekitar 30% pasien kanker lambung diperkirakan mampu ditangani hingga sembuh melalui radioterapi, kemoterapi maupun tindakan operasi.