Menderita kanker sepertinya memupuskan harapan hidup setiap orang. Tak salah karena penyakit ini memang mematikan. Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang bisa dicegah dan dideteksi dini. Kanker kulit lebih mudah diobati jika belum terlalu parah. Lalu apakah sebenarnya penyakit kanker kulit itu?

kanker-kulit

Apa itu kanker kulit

 Kanker kulit adalah salah satu jenis penyakit kanker yang menyerang manusia dengan kefatalan yang paling rendah. Walaupun begitu, kanker ini termasuk berbahaya apabila tak segera diobati dengan baik untuk mencegah penyebarannya. Kanker ini menyerang lapisan kulit yang menyebabkan pertumbuhan yang abnormal.

Gejala penyakit kanker kulit

Gejala-gejala yang ditimbulkan akibat kanker kulit memang bisa dideteksi dini untuk melakukan beberapa upaya pencegahan. Namun, biasanya penyakit ini akan cukup sulit untuk dideteksi jika masih dalam tahap awal. Inilah beberapa gejala dari kanker kulit itu sendiri.

Bercak Merah di Kulit

Bila Anda menemukan kulit terdapat bercak merah yang cukup mengkhawatirkan, Anda harus waspada terhadapa gejala ini. Bercak merah di kulit adalah salah satu gejala awal dari penyakit kanker kulit. Segeralah periksa ke dokter apabila menemui gejala ini.

Kulit Kering dan Mengelupas

Gejala selanjutnya kanker kulit adalah kulit menjadi kering. Anda akan merasakan bahwa kulit lebih kering dari biasanya dan secara perlahan-lahan akan mengelupas dengan sendirinya. Anda harus lebih waspada bila mendapati gejala ini.

Kulit Mati Rasa

Setelah Anda mengalami kedua gejala tersebut, maka tanda kanker kulit ini akan semakin parah adalah kulit Anda bisa mati rasa. Anda tak bisa merasakan lagi sentuhan dan rangsangan melalui kulit Anda. Jika Anda mengalami gejala ini, Anda harus segera memeriksakan ke dokter.

Penyebab penyakit kanker kulit

Penyakit kanker kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal yang memunculkan penyakit ini pada manusia. Beberapa faktor tersebut mampu meningkatkan resiko dan kemungkinan terkena kanker kulit. Bila Anda mempunyai banyak tahi lalat di badan ataupun bintik-bintik, Anda beresiko terkena kanker kulit. Apalagi bagi Anda yang mempunyai kulit pucat dan mudah terbakar dan rambut pirang, maka potensi terkena kanker kulit jauh lebih besar.

Riwayat Keluarga

Faktor keturunan juga bisa mengakibatkan kanker kulit. Bila salah satu anggota keluarga Anda terdekat, maka Anda bisa memiliki resiko terkena resiko tersebut.

Paparan Sinar Ultraviolet

Selain beberapa factor diatas, biasanya kanker kulit atau melanoma berkembang diakibatkan karena terkena paparan sinar ultraviolet baik alami ataupun buatan. Bila kulit Anda termasuk sensitif terhadap paparan sinar ultraviolet, maka kulit Anda lebih beresiko terkena kanker kulit. Oleh karena itu, oleskan sunblock untuk menangkal sinar tersebut.

Kekurangan Melanin

Melanin adalah salah satu pigmen penting bagi kulit dan untuk melindung kulit dari paparan sinar ultraviolet dan radiasi. Kekurangan melanin akan membuat kulit menjadi pucat putih yang membuatnya mudah terbakar.

Pencegahan penyakit kanker kulit

Untuk melakukan pencegahan kanker kulit, Anda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan. Yang pertama adalah dengan mengurangi aktivitas langsung dibawah sinar matahari agar tidak terpapar secara berlebihan sinar ultraviolet. Cara ini adalah bentuk pencegahan dari kanker kulit walaupun memang tak berfungsi secara efektif. Selain itu, Anda bisa mengoleskan tabir surya dan berpakaian lengkap untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak melanin dan sel-sel sehat kulit. Anda juga harus memeriksakan tahi lalat yang tumbuh tak normal ke dokter secara rutin.

Cara menyembuhkan kanker kulit

Bila Anda sudah didiagnosis penyakit kanker kulit, maka Anda harus melakukan upaya pengobatan. Jika Anda mengetahui kanker ini pada tahap awal, maka penyakit ini bisa disembuhkan lebih cepat. Langkah pertama untuk menyembuhkan kanker kulit ini adalah dengan melakukan operasi pengangkatan sel-sel kanker di dalam kulit. Langkah ini adalah upaya awal untuk menyembuhkan kanker kulit. Lalu, diperlukan upaya lanjutan setelah operasi untuk menyembuhkan kanker kulit ini. Anda bisa melakukan radioterapi ataupun kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang pada kulit. Pada tahapan ini, Anda membutuhkan sesi pengobatan lebih sering untuk menyembuhkan kanker kulit.