Kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang timbul dibagian usus besar (kolon) atau rectum, yang timbul dari adanya polip dibagian sepanjang di daerah dinding permukaan usus besar serta bagian rectum. Biasanya bagian yang tumbuh ini atau disebut polip termasuk kategori jinak dan tidak menyebabkan gangguan pada bagian tubuh lainnya, tetapi ada kemungkinan juga untuk menjadi ganas.

kanker-kolorektal

Gejala Kanker Kolorektal

Gejala atau ciri-ciri adanya kanker kolorektal pada bagian usus, diantaranya adalah sebagai berikut :

– Sering mengalami diare atau konstipasi.
– Sering merasa mengalami BAB yang sering dirasakan belum selesai atau tidak tuntas
– Saat BAB mengeluarkan darah walaupun tidak banyak
– Saat BAB disertai juga lendir pada tinja
– Sering merasa mual
– Sering mengalami muntah karena penyakit ini berasal dari saluran pencernaan
– Sering merasakan nyeri pada bagian perut
– Sering cepat lelah ataupun merasa lemah
– Mengalami penurunan pada berat badan secara drastik.

Dan jika anda mulai merasakan beberapa gejala seperti kondisi diatas, maka anda harus segera memeriksakan kondisi anda kepada dokter di rumah sakit untuk mengetahui hasil yang lebih akurat, karena banyak yang sudah mulai merasakan gejala-gejala tersebut saat sudah mulai memasuki stadium akhir yang nantinya akan berakibat fatal pada kondisi kesehatan anda, karena jarang sekali pada kondisi awal akan timbul beberapa gejala-gejala tadi, dan sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara lengkap dan rutin untuk menghindari beberapa penyakit yang akan timbul karena resiko-resiko tersebut.

Penyebab Kanker Kolorektal

Apakah yang biasa menjadi penyebab dari terjadinya kanker kolorektal pada tubuh kita, menurut penelitian dari beberapa ahli kedokteran, penyebab yang bisa menimbulkan kanker kolorektal diantaranya adalah :

Faktor Usia

Usia lanjut yang makin bertambah dapat menjadi awal penyebab menurunnya daya tahan tubuh, sehingga sel-sel kanker dapat menyebar cepat ke bagian-bagian tubuh.

Faktor Keturunan

Jika anda memiliki sejarah anggota keluarga ada yang mengidap penyakit kanker maka kemungkinan besar anda memiliki keturunan untuk terkena penyakit tersebut

Faktor Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Banyak faktor gaya hidup di zaman modern saat ini yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk, banyaknya makanan instant yang mengandung bahan kimia, merokok, minum alkohol dan gaya hidup lainnya yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker menjadi lebih cepat.

Riwayat Penyakit Lain

Adanya riwayat penyakit Crohn dan Kolitis ulseratif yang terjadi dalam jangka waktu yang lama hingga bertahun-tahun.

Pengobatan Kanker Kolorektal

Dokter di Rumah Sakit biasanya akan menganjurkan beberapa langkah berikut jika anda sudah terdiagnosis kanker kolorektal. Diantaranya adalah :

Operasi

Ini merupakan langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengangkat tumor yang masih dalam stadium awal diagnosis, gunanya untuk menghilangkan tumor yang bisa menyebabkan kearah kanker nantinya, biasanya usus yang ditumbuhi oleh tumor tersebut dibuang dari masing-masing bagian ujung usus, lalu kemudian dijahit kembali atau dirapatkan kembali menjadi satu.

Kolostomi

Tetapi jika bagian usus banyak yang sudah terkena sel – sel kanker dan tidak dapat dirapatkan
kembali, maka harus dilakukan kolostomi dimana dilakukan tindakan pembuatan lubang pada dinding perut dan digabungkan ke ujung usus yang telah dilakukan tindakan dipotong. Agar dapat mengeluarkan tinja pada bagian tubuh tersebut, kantung akan ditempatkan pada badan, yang ditempelkan di dinding perut luar.

Dalam kolostomi ini ada yang bersifat sementara sampai nanti masa penyembuhan berakhir atau tetap permanen jika keseluruhan usus atau rectum diangkat menyeluruh.

Kemoterapi dan Radiologi

Semua penyakit kanker yang sudah memasuki stadium akhir dan sudah tidak dapat ditanggulangi dengan operasi maka harus dilakukan kemoterapi dan juga radiologi untuk mencegah sel – sel kanker tersebut berkembang lebih cepat, hal tersebut dilakukan agar pasien dapat bertahan dengan penyakit kanker kolorektal tersebut.

Itulah langkah yang dapat dilakukan oleh pasien yang sudah terdiagnosis menderita kanker kolorektal untuk menyembuhkan dan juga menghambat sel kanker terus berkembang. Kemoterapi juga dapat menimbulkan beberapa efek samping pada pasien seperti mual dan mengalami kerontokan. Kami sarankan untuk mencegah kanker, hiduplah dengan pola hidup yang sehat, makan buah-buahan yang baik dan mengandung sel anti kanker seperti blue berry, anggur, dan buah-buahan lainnya dan juga jagalah selalu pola makan agar pencernaan juga menjadi lebih sehat sehingga terhindar dari kanker kolorektal.