Apa Itu Kanker Jantung?

Kanker jantung primer sebenarnya termasuk penyakit yang jarang terjadi, dimana kanker mulai dan berkembang dalam jantung. Adapun kebanyakan berupa tumor metastatik jantung yang berkembang di dalam organ lain kemudian menyebar ke jantung. Peluangnya 20 kali lebih tinggi dibanding kanker primer.

kanker-jantung

The American Cancer Society memiliki data bahwa sekitar 10.000 kasus baru kanker jaringan lunak termasuk kanker jantung terdiagnosis tiap tahunnya di USA. Jenis kanker ini bisa berkembang dari tiap bagian jantung. Myxomas jinak merupakan tumor paling umum yang timbul dalam organ jantung. Meski termasuk jinak, tetapi berisiko mematikan. Sebagai contoh angiosarcomas adalah kanker jantung yang paling umum pada orang dewasa yang cenderung berkembang di bilik kanan jantung. Angiosarcomas berasal dari sel yang membentuk lapisan pembuluh darah. Saat sel tersebut menjadi kanker, sel akan berkembang biak dan menyebabkan pembuluh darah nampak seperti massa darah yang tidak teratur menonjol ke atrium dan menyebar ke organ berdekatan.

Selanjutnya Rhabdomyosarcoma merupakan kanker paling umum kedua pada orang dewasa dan paling umum ditemukan pada anak-anak. Tumor ini diketahui berasal dari sel-sel otot yang sudah menjadi kanker. Rhabdomyosarcomas bisa berkembang dimana saja, tidak terkecuali di jantung dan selalu melibatkan setidaknya sebagian dari miokardium, yakni otot tebal lapisan jantung. Sementara itu mesotelioma, fibrosarcomas, histiocytomas berserat, liposarkoma, dan schwannomas merupakan jenis yang kurang umum dari kanker jantung.

Gejala Penyakit Kanker Jantung

Gejala kanker jantung bisa dibilang cukup mirip seperti gejala penyakit jantung. Sebut saja mulai dari nyeri dada, irama debar jantung yang tidak teratur, sesak napas, dan kelelahan. Kadang-kadang gejala ini muncul mendadak. Adapun radiasi dan kemoterapi bisa dilakukan seperlu menekan risiko gejala. Tidak jarang operasi juga bisa membantu mengontrol gejala.

Mungkin pada awalnya, kanker jantung tidak menunjukkan gejala spesifik. Karena saat munculnya gejala cukup mirip penyakit jantung. Akan tetapi, secara mendadak mengalami gagal jantung bisa jadi gejala pertama kanker jantung. Berikut gejala umum yang patut Anda kenali:

  • Nyeri dada
  • Batuk
  • Sesak napas, yang dapat diperburuk dengan berbaring datar
  • Irama jantung yang tidak teratur (aritmia)
  • Muncul rasa lelah dan lemah
  • Demam
  • Bengkak pada kaki dan pergelangan kaki
  • Berat badan menurun
  • Pelebaran dan penebalan jari (clubbing)

Dalam beberapa kasus, kanker jantung berisiko mematikan. Mencari bantuan medis segera mungkin sangat dianjurkan. Berikut gejala-gejala yang mengancam jiwa diantaranya:

  • Nyeri dada, tekanan dada, sesak dada, jantung berdebar, irama jantung yang tidak teratur
  • Perubahan tingkat kesadaran, seperti pingsan atau unresponsiveness
  • Perubahan mental atau perilaku tiba-tiba, seperti bingung, halusinasi, delusi, delirium, dan letargi
  • Muncul warna kebiruan pada bibir atau kuku
  • Gangguan pernapasan, seperti sesak napas, kesulitan bernapas, mengi, tidak bernapas, atau tersedak
  • Batuk-darah (hemoptisis)
  • Tidak memproduksi urine
  • Ketidakmampuan menggerakkan bagian tubuh atau kelumpuhan
  • Denyut jantung cepat (takikardia)

Penyebab Penyakit Kanker Jantung

Penyebab kanker jantung tidak diketahui. Seperti kanker pada umumnya, terjadi perubahan dalam sel yang memicu perubahan fungsi dan pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Perubahan bisa terjadi di salah satu sel jantung.

Pencegahan Penyakit Kanker Jantung

Kanker jantung sebenarnya termasuk penyakit yang sangat langka. Faktor risiko belum diidentifikasi. Meskipun demikian Anda bisa menghindari dengan gaya hidup sehat.

Cara Menyembuhkan Kanker Jantung

Pengobatan kanker jantung dilakukan dengan mengelola gejala dan meningkatkan kualitas hidup. Hal ini supaya pengobatan bisa memberi hasil  penyembuhkan permanen dan remisi penyakit. Remisi artinya tidak ada lagi tanda-tanda penyakit dalam tubuh, meski ada kemungkinan kambuh di kemudian hari.

Pengobatan yang bisa dilakukan diantaranya:

Konseling diet

untuk membantu mempertahankan kekuatan dan status gizi.

Terapi fisik

untuk membantu memperkuat tubuh, meningkatkan kewaspadaan, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan kemampuan fungsional selama dan setelah pengobatan.

Kemoterapi

untuk menyerang sel-sel kanker dan mengurangi gejala

Pembedahan

untuk mengangkat kanker dan melestarikan fungsi jantung

Perawatan paliatif

untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan

Transplantasi jantung

dilakukan pada pasien yang memenuhi syarat

Terapi radiasi

untuk menyerang sel-sel kanker dan mengurangi gejala

Pengobatan komplementer atau alternatif:

untuk mendukung pengobatan medis, seperti akupunktur, yoga, terapi pijat, konsumsi suplemen gizi makanan, obat herbal, minuman teh, dan produk sejenis.

Dalam kasus kanker stadium lanjut dan tidak responsif terhadap pengobatan, tujuan pengobatan berfokus agar penderita nyaman dan memaksimalkan kualitas hidupnya. Perawatan melibatkan pengontrolan gejala sembari memberikan dukungan psikologis, spiritual dan layanan guna mendukung keluarga penderita kanker jantung.