Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan adalah penyakit jantung koroner. Karena itu, sebelum penyakit ini terjadi pada Anda, ada baiknya mengetahui seperti apa itu penyakit jantung koroner. Dengan mengetahui penyakit yang berbahaya ini, diharapkan Anda bisa melakukan sesuatu agar terhindar dari penyakit jantung koroner ini.

Penyakit Jantung Koroner

Gejala Umum Penyakit Jantung Koroner

Perlu diketahui bahwa gejala penyakit jantung koroner ini biasanya berbeda antara pria dan wanita. Yang membahayakan adalah ada kasus di mana wanita langsung terserang penyakit jantung koroner ini tanpa gejala awal apa pun. Namun umumnya gejala penyakit jantung koroner ini adalah rasa tidak nyaman atau nyeri di sekitar jantung. Gejala ini terjadi karena otot-otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen. Jika sudah parah biasanya jantung tidak hanya terasa nyeri tetapi juga seperti terbakar. Waktu muncul gejala penyakit ini juga tidak bisa diprediksi. Gejala sakit jantung bisa terjadi justru saat Anda sedang aktif seperti memasak, berbelanja atau bekerja. Diperkirakan jika penyakit ini disebabkan oleh stres yang sangat tinggi. Karena itu, jika sudah mulai tidak nyaman, Anda harus segera istirahat dan memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab penyakit ini disebabkan adanya kerusakan pada bagian arteri koroner atau arteri jantung. Selain stres dalam tingkat yang tinggi, penyakit jantung koroner juga disebabkan karena Anda merokok. Kadar kolesterol yang tinggi juga menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Penyebab penyakit ini termasuk darah tinggi dan kadar gula dalam darah yang tinggi. Karena itu, Anda yang menderita penyakit diabetes pun berpeluang terserang penyakit jantung koroner.

Pemeriksaan Penyakit Jantung Koroner

Jika Anda merasakan gejala sakit jantung koroner ini, maka Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan diagnosa berdasarkan riwayat kesehatan Anda dan keluarga Anda. Kemudian, dokter akan memberikan beberapa tes untuk memeriksa kondisi jantung Anda. Tes tersebut termasuk tes EKG atau elektrodiagram. Tes ini dilakukan untuk melihat kinerja jantung Anda. Selain itu, dokter juga akan melakukan tes tingkat stres. Tes ini juga dilakukan untuk melihat kinerja jantung saat kondisi tertentu. Tes lain yang harus dilakukan untuk diagnosa penyakit jantung koroner antara lain echocardiography, sinar x untuk dada, dan tes darah.

Perawatan Saat Dinyatakan Menderita Penyakit Jantung Koroner

Jika Anda sudah dinyatakan menderita penyakit jantung koroner, Anda harus mengikuti apa yang dikatakan oleh dokter. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika Anda sudah didiagnosis menderita penyakit jantung koroner. Anda harus mengubah gaya hidup tidak sehat menjadi gaya hidup sehat. Misalnya, Anda harus berhenti merokok dan mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Selain itu, Anda pun harus mulai melakukan olahraga ringan secara rutin. Ada kasus di mana penyakit jantung koroner Anda sudah berat saat datang ke dokter. Untuk kondisi yang satu ini, dokter akan memberikan saran untuk melakukan operasi jantung. Setelah operasi, Anda harus melakukan perawatan khusus untuk merehabilitasi jantung Anda.

Pencegahan Penyakit Jantung Koroner

Sangat beruntung jika saat ini Anda belum terserang penyakit jantung koroner. Walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak melakukan apa pun. Agar tidak terserang sakit jantung yang berbahaya ini, Anda tetap harus melakukan pencegahan. Misalnya, Anda harus memeriksakan jantung Anda ke dokter secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kondisi kesehatan jantung. Jika terjadi sesuatu, penyakit bisa ditangani lebih awal. Tentu saja, Anda harus segera menghentikan kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat. Setelah itu, rajinlah berolahraga dan melakukan diet yang benar. Hindari stres dan usahakan untuk beristirahat atau berlibur saat kelelahan. Lakukan hal-hal positif yang membuat perasaan Anda senang dan rileks sehingga kerja jantung pun tidak berat. Seringlah mencari informasi mengenai penyakit jantung termasuk penyakit jantung koroner sehingga Anda tahu apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari penyakit jantung koroner. Yang paling penting, Anda tetap bisa menjaga kesehatan jantung hingga usia lanjut dan tidak perlu melakukan perawatan yang merepotkan karena menderita sakit jantung.