Perkembangan bayi 4 bulan pada umumnya mulai menunjukkan kemajuan pesat. Pada usia ini tak jarang Anda akan mendapati buah hati Anda sudah semakin besar dan mengalami banyak perubahan. Baik perubahan fisik maupun emosinal yang semakin peka. Bayi usia 4 bulan biasanya juga mampu mengeluarkan suara lebih jelas. Bayi menjadi lebih sering tersenyum atau tertawa bila melihat hal-hal yang bagi mereka lucu.

Banyaknya perubahan dan perkembangan yang dialami membuat Anda selaku orang tua tak boleh lengah dalam memantau bayi. Orang tua memiliki pengaruh besar pada tahap tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, upayakan untuk melakukan perawatan dengan baik dan benar. Mulai dari melatih motorik, emosi, dan menentukan menu makan bayi yang sesuai dengan usianya. Adapun berikut ini beberapa tips merawat bayi usia 4 bulan yang wajib Anda ketahui:

Memberi Waktu dan Perhatian Lebih

Usia 4 bulan bisa dibilang termasuk tahap awal bayi mulai mengenal lingkungan sekitar. Itulah mengapa penting artinya Anda selaku orang tua memberi waktu dan perhatian lebih daripada orang lain, termasuk baby sister bila Anda menggunakan jasanya. Usahakan pula Anda bisa tetap menemani saat bayi tengah terlelap. Bila Anda menidurkan bayi di ranjangnya sendiri, pastikan tetap dalam pengawasan. Hal ini karena bayi 4 bulan cenderung tidak bisa diam saat tidur. Sehingga posisi tidur bayi bisa berubah sewaktu-waktu.

Memberi Mainan yang Mendukung Perkembangan Motorik

Memasuki usia 4 bulan, anak Anda mulai pandai bersuara, menggenggam, dan sebagainya. Agar tumbuh kembang bayi berlangsung optimal, dukung dengan memberi mainan bayi yang mendukung perkembangan motorik anak. Namun, dalam hal ini pastikan Anda memilih mainan yang aman. Baik dari segi bentuk, ukuran, warna, dan bahan. Karena bayi cenderung memasukkan segala benda yang dipegangnya ke mulut. Jadi sebaiknya tetap awasi waktu bermain si kecil.

Bantu Bayi Belajar Duduk Tegak

Memasuki usia 4 bulan, pada umumnya bayi sudah mulai pandai menopang leher dan kepalanya. Hal ini berarti sudah cukup aman untuk mendudukkan bayi dalam posisi tegak di pangkuan. Namun, pastikan Anda tetap memberi bantuan. Selain itu, jangan biarkan anak terlalu lama duduk tegak tanpa disangga. Karena pada tahap perkembangan ini bayi 4 bulan masih membutuhkan sanggaan misal tubuh sang ibu agar bisa duduk tegak.

Harus Lebih Sabar

Seperti yang sekilas sudah disebut di awal. Setelah memasuki bulan ke-4 usianya, bayi Anda akan mulai pintar mengekspresikan emosinya secara jelas. Terlebih saat bayi Anda menginginkan sesuatu. Bila apa yang menjadi keinginannya tidak kunjung didapat, tidak jarang bayi akan menangis lebih keras guna mencuri perhatian Anda. Tangisan tersebut sebenarnya suatu hal yang wajar. Namun, bila tidak sabar tangisan bayi bisa dirasa cukup membuat bising. Kuncinya Anda perlu lebih bersabar. Lebih sering ajak bayi untuk bercanda dan berbicara karena hal tersebut akan membuat mereka sering tertawa.

Hindari Makanan Padat

Tips merawat bayi 4 bulan selanjutnya berhubungan dengan menu makanan yang boleh atau tidak boleh diberikan. Pastikan Anda tidak memberi makanan padat untuk si kecil. Kecuali bila bayi belum kenyang dengan asupan ASI atau susu formula yang diberikan. Tahan dulu niat Anda untuk memberi biskuit atau roti. Jenis makanan tersebut boleh diberikan saat bayi sudah bisa menerima dan mengunyah makanan padat. Adapun menu makanan yang lebih dianjurkan yaitu bubur bayi yang sudah dicampur ASI atau bisa pula susu formula. Berikan bubur bayi sebagai pendamping ASI dan bukan asupan makanan utama. Bubur bayi bisa pula diganti dengan bubur dari buah-buahan atau sayuran segar.

Merawat bayi mungkin terdengar sedikit merepotkan dan melelahkan. Namun, bila Anda tetap semangat pasti akan terasa menyenangkan. Malah bisa jadi Anda tidak sadar bila waktu sudah berlalu cepat dan buah hati Anda pun sudah tumbuh semakin besar. Agar tumbuh menjadi anak cerdas dan sehat, pastikan Anda selalu menjadi orang tua siaga yang tahu benar cara mendidik dan merawat anak. Sekian ulasan kali ini, semoga memberi informasi bermanfaat seputar tips merawat bayi 4 bulan.