Seperti diketahui bahwa bayi perlu diberi imunisasi agar daya tahan tubuhnya terjaga. Mengingat bayi masih memiliki fisik yang lemah, maka risiko terserang penyakit tentu besar. Namun, dengan pemberian imunisasi yang tepat, hal ini dapat mencegah bayi dari terserangnya penyakit berbahaya. Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin termasuk imunisasi yang diperlukan oleh bayi sebelum memasuki usia tiga bulan. Jenis Imunisasi BCG ini untuk mencegah terjangkitnya infeksi TBC atau tuberculosis. Imunisasi biasa dilakukan di posyandu dan puskesmas. Meskipun juga dapat dilakukan di rumah sakit. Bagi Anda yang memiliki bayi berusia kurang dari tiga bulan, Anda harus segera melakukan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin. Untuk mengetahui kandungan apa saja yang terdapat pada imunisasi Bacillus Calmette-Guerin, berikut penjelasannya.

Kandungan Utama pada Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin

Jenis imunisasi Bacillus Calmette-Guerin untuk diberikan pada bayi tentu harus memiliki kandungan yang aman. Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin memiliki kandungan Bacillus Calmette-Guerin. Hasil dari pelemahan Mycobacterium bovis. Kemudian terdapat pula kandungan strain paris pada imunisasi Bacillus Calmette-Guerin ini. Kedua kandungan tersebut memberikan manfaat pada bayi Anda.

Manfaat Memberikan Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada Bayi

Mencegah Penyakit TBC

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin akan mencegah bayi terjangkit penyakit tuberculosis. Sehingga bakteri penyebab tuberculosis akan lemah dan tidak menyebabkan penyakit yang disingkat TBC ini.

Mencegah Penyakit Meningitis

Selain mencegah penyakit TBC, memberikan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada bayi juga dapat mencegah terjangkitnya penyakit meningitis. Penyakit tersebut dapat menyebabkan penyakit TBC meningitis yang tentunya berbahaya untuk bayi.

Mencegah Infeksi Tulang dan Sendi

Persyaratan dalam Memberikan Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada Bayi

Pemberian imunisasi dalam bentuk Imunisasi BCG pada bayi tidak dapat dilakukan secara asal. Syarat yang harus terpenuhi adalah usia bayi telah memasuki rentang satu bulan hingga tiga bulan. Namun, juga dapat dilakukan pada bayi yang belum memasuki usia satu tahun. Sehingga harapannya adalah orangtua yang memiliki bayi dengan usia tersebut dapat segera membawa ke posyandu atau puskesmas yang memiliki agenda pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin. Biasanya, Anda akan diberikan jadwal pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin yang harus dilakukan oleh bayi Anda.

Selain itu, bayi yang hendak melakukan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin harus dalam keadaan sehat. Jika bayi Anda sedang tidak enak badan seperti demam atau menderita penyakit pada kulit, maka tidak diperkenankan untuk melakukan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin. Sehingga tenaga medis akan menyarankan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin dilain waktu setelah bayi Anda dalam keadaan yang sehat wal afiat.

Cara Pemberian Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada Bayi Secara Aman

Hanya tenaga medis yang terpercaya dan sudah ahli yang diperbolehkan memberikan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada bayi. Secara teori, pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin pada bayi yang belum berusia genap satu tahun adalah 0.05 mililiter. Kemudian disuntikkan pada lengan tangan bagian kanan. Penyuntikkan harus dilakukan satu kali saja.

Tiga Efek Samping Umum Setelah Pemberian Imunisasi Bacillus Calmette-Guerin

Sebagai orangtua, Anda tidak perlu panik ketika bayi Anda memiliki reaksi efek samping setelah melakukan imunisasi Bacillus Calmette-Guerin. Ada tiga efek samping yang bisa jadi dialami, yaitu:

Efek Samping Level Normal

Dua minggu setelah pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin, pada bekas suntikan akan terlihat warna merah karena bengkak. Bengkak merah tersebut hanya berukuran kecil. Lewat dua minggu, bengkak tersebut akan hilang dengan sendirinya. Anda tidak dianjurkan untuk memberikan olesan obat luar apapun agar tidak menimbulkan infeksi lebih lanjut.

Efek Samping Level Berat

Level berat ini hanya akan dialami ketika tenaga medis melakukan kesalahan dalam pemberian Imunisasi BCG. Kesalahan yang dimaksud adalah dosis dengan jumlah yang berlebih. Sehingga membuat kelenjar limfa pada ketiak atau leher menjadi bengkak.

Efek Samping Level Cepat

Efek samping pada level cepat ini dapat memberikan efek samping berupa terjangkitnya infeksi terhadap Bacillus Calmette-Guerin. Ini adalah kondisi dimana pemberian imunisasi Bacillus Calmette-Guerin justru menjadikan bayi menjadi sebaliknya. Bukan kebal terhadap bakteri Bacillus Calmette-Guerin, melainkan terinfeksi oleh bakteri Bacillus Calmette-Guerin. Jika demikian, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.