Jika Anda merasakan sakit yang mirip dengan flu namun tidak seperti flu pada umumnya, Anda harus berhati-hati. Bisa jadi Anda sedang terserang flu burung. Sesuai dengan namanya, virus ini memang berasal dari burung ke burung lain. Namun ternyata flu ini juga bisa menular ke manusia. Seperti apa itu flu burung dan bagaimana cara mengatasinya?

flu burung

Proses Penularan Virus Flu Burung

Flu burung merupakan virus avian influenza yang ditularkan dari burung satu yang terinfeksi ke burung yang lainnya. Nama lain dari virus flu ini adalah H5N1. Walaupun virus flu namun virus ini termasuk virus yang mematikan untuk spesies burung. Bahkan, virus ini juga merupakan virus yang berbahaya jika masuk ke dalam tubuh mamalia dan manusia. Di tahun 1997 saja, sekitar 60% dari manusia yang tertular virus ini meninggal dunia. Namun cara penularan antara burung dan burung berbeda dengan manusia. Jika virus flu burung akan menular secara langsung untuk burung, maka tidak untuk manusia. Proses penularan pada manusia lebih rumit. Salah satu yang cara penularan virus flu burung adalah pada seorang ibu yang terserang virus H5N1 kepada anaknya yang ada dalam kandungan. Virus ini umumnya ada di negara di Asia dan Mesir. Virus ini biasanya dibawa oleh bebek yang bermigrasi dan membawa virus tersebut. Virus tersebut akhirnya menyerang hewan-hewan ternak seperti ayam dan hewan ternak lainnya. Anda harus segera memeriksakan diri jika merasa berdekatan dengan ayam atau hewan ternak yang mati mendadak. Bisa jadi ayam tersebut terinfeksi dan Anda pun akan tertular virusnya. Hal ini termasuk jika Anda menggunakan air bekas mandi bebek yang didiagnosa terserang virus flu burung. Hingga saat ini belum ditemukan kasus penularan flu burung dari manusia yang terserang penyakit ini ke manusia sehat lainnya. Namun Anda tetap perlu berhati-hati jika berdekatan dengan teman atau saudara yang terserang penyakit flu burung.

Gejala Penyakit Flu Burung

Apakah gejala flu burung sama dengan flu pada umumnya? Rupanya, gejala terserang virus flu ini mirip dengan saat Anda terserang virus flu pada umumnya. Karena itu ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter saat Anda merasakan gejala flu khususnya setelah berinteraksi dengan hewan ternak. Jika tidak ditangani dengan baik dan benar secara medis, gejala flu burung ini akan semakin parah. Jika sudah semakin parah, virus bisa menyerang pernapasan sehingga Anda akan merasakan gangguan pernapasan akut dan sangat berbahaya. Selain itu, virus flu burung juga dapat mengakibatkan infeksi pada otak dan gangguan pada pencernaan. Jika sudah menyerang otak dan pencernaan, maka flu burung bisa sangat berbahaya bahkan mengakibatkan kematian.

Perawatan Penyakit Flu Burung

Bagi Anda yang sudah terinfeksi virus ini, maka segeralah menemui dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan intensif kemudian memberikan perawatan khusus. Sedangkan Anda yang belum terinfeksi namun pernah berdekatan dengan hewan yang terserang flu burung, Anda pun harus tetap ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan vaksin khusus yang akan mengatasi virus flu burung. Secara spesifik, vaksin tersebut akan meningkatkan sistem imun tubuh sehingga virus semakin melemah. Selain itu dokter akan memberikan beberapa jenis obat flu seperti Tamiflu, Relenza, atau rapivab. Obat ini harus segera diberikan kepada penderita langsung setelah dinyatakan terserang virus H5N1. Perawatan penyakit ini dimulai dengan pemeriksaan secara medis, isolasi, dan perawatan intensif hingga virus flu burung dinyatakan bersih.

Pencegahan Penyakit Flu Burung

Agar terhindar dari virus flu burung, Anda harus rajin membersihkan lingkungan khususnya jika Anda memiliki hewan ternak atau peliharaan berupa burung. Bersihkan kandang dari kotoran dan berikan pakan yang baik sehingga hewan ternak atau peliharaan tidak mudah sakit. Selain itu, Anda harus melindungi diri saat membersihkan kandang tersebut. Misalnya, gunakan baju dan celana panjang, masker, kaos tangan, dan pelindung lainnya. Cuci tangan dengan sabun setelah membersihkan kadang hewan ternak atau peliharaan Anda. Segera pisahkan jika ada hewan ternak atau hewan peliharaan yang sakit. Semoga dengan cara ini, Anda bisa terbebas dari penyakit yang membahayakan tersebut.