Penyakit diabetes mellitus termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian tinggi di Indonesia selain penyakit jantung. Untuk lebih memahami tentang penyakit ini dan menemukan metode untuk mengobatinya, tak ada salahnya Anda menyimak informasi berikut.

diabetes-mellitus

Apa itu Penyakit Diabetes Mellitus?

Penyakit diabetes mellitus adalah kelainan yang berhubungan dengan produksi glukosa dan secara umum penyakit ini ditandai dengan tingkat kadar gula dalam darah yang berada dalam kadar sangat tinggi karena produksi insulin bermasalah maupun karena penyebab lainnya. Penyakit yang satu ini bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu:

Tipe I

Diabetes tipe I umumnya berhubungan dengan kerusakan sel beta pankreas yang berakibat munculnya gejala autoimun maupun resiko kurangnya kepekaan sel pankreas untuk memproduksi insulin.

Tipe II

Diabetes tipe II tergolong diabetes yang banyak terjadi di Indonesia karena kurangnya produksi insulin tanpa diiringi kerusakan sel beta pankreas pada awalnya. Penyakit yang satu ini umumnya dipicu oleh pola makan karbohidrat yang kadarnya berada diatas batas normal.

Gejala penyakit

Penyakit ini memberikan beberapa gejala yang intensitasnya bisa berbeda antara pasien satu dengan pasien lainnya, seperti:

– Pasien sering merasa haus tetapi diiringi pula dengan kebiasaan sering buang air kecil dimalam hari.
– Pasien memiliki rasa lapar yang ekstrim sementara berat badan tubuhnya semakin lama menurun drastis.
– Massa otot mengalami penurunan dan bahkan untuk beberapa penderita, massa otot tubuh bagian kanan bisa berbeda dengan massa otot tubuh bagian kiri.
– Ketika mengalami luka, waktu sembuhnya sangat lama dan terkadang lukanya berulang di beberapa bagian tubuh.
– Mudah lelah dan pandangan mata yang semakin lama semakin kabur.
– Air seni bercampur dengan keton maupun gula yang umumnya membuat air seni terlihat leih kental dan berwarna pekat.

Penyebab penyakit Diabetes Mellitus

Jika dilihat dari berbagai gejala yang ditunjukkan, penyakit diabetes mellitus dapat disebabkan banyak hal, mulai dari:

Faktor keturunan

Salah satu penyebab diabetes adalah faktor keturunan atau hereditary. Dalam hal ini, anak akan mudah mewarisi gen diabetes apabila kedua orangtuanya memiliki gen diabetes maupun ada salah satu dari kedua orangtuanya yang memiliki gen diabetes dominan.

Obesitas

Ketika seseorang mengalami kegemukan atau obesitas, secara tidak langsung produksi insulin dalam tubuhnya akan terganggu dan resiko menderita diabetes tipe II makin tinggi.

Hipertensi

Pada saat seorang pasien menderita hipertensi, secara tidak langsung aliran darah yang terjadi didalam tubuhnya tidak mampu menyalurkan nutrisi dengan baik dan akibat lain yang terjadi adalah resiko kerusakan insulin yang mengarah pada diabetes.

Riwayat kehamilan

Seorang wanita yang ada dalam kondisi hamil terkadang mengalami hipertensi atau juga mengalami kesulitan menjaga asupan karbohidrat dalam tubuhnya. Hal inilah yang memicu munculnya diabetes dalam tubuh.

Pencegahan Penyakit Diabetes Mellitus

Tentunya kita ingin mencegah diri kita dan keluarga dari penyakit diabetes mellitus. Berikut ini adalah beberapa tindakan pencegahan yang bisa dilakukan, seperti:

Olahraga teratur

Olahraga teratur setidaknya 30 menit sehari. Apabila Anda tidak mampu melakukan olahraga yang menguras energi cukup besar, Anda bisa melatih diri dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan santai maupun bersepeda.

Diet karbohidrat yang sangat tinggi

Melakukan pantang makanan yang mengandung karbohidrat sangat tinggi seperti kentang, mie instan, roti putih, nangka, durian, dan lainnya. Anda bisa mengganti konsumsi makanan tersebut dengan makanan yang lebih sehat, seperti kacang polong, oatmeal, buah, dan sayur.

Mengonsumi air putih dan mineral

Konsumsi air putih dalam kadar minimal 8 gelas per hari dan menyeimbangkan asupan mineral dengan konsumsi sayuran kaya klorofil.

Pengobatan Penyakit Diabetes Mellitus

Ketika Anda sudah didiagnosis menderita diabetes mellitus, untuk menyembuhkan penyakit ini, ada beberapa metode pengobatan herbal yang bisa dilakukan.

Rebusan daun sirsak dan kulit buah manggis

Rebus 5 lembar daun sirsak dn 50 gram kulit buah manggis kering dalam 1000ml air.
Sisakan setengahnya dan minum dua kali sehari untuk pengobatan.

Rebusan mengkudu

Anda bisa menghaluskan dua buah mengkudu yang sudah dikupas bersih dan mengambil air sarinya untuk ditambahkan 100ml air hangat. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk meningkatkan imunitas tubuh sekaligus memperbaiki sel beta pankreas yang menghasilkan insulin.