Sariawan adalah jenis penyakit yang sering menyerang bagian dalam mulut, seperti bagian bibir, gusi, lidah dan bagian dibawah lidah. Dalam dunia kedokteran sariawan dikenal dengan nama Stomatitis. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi oleh jamur Candida albicans.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, tetapi sariawan bisa sangat mengganggu hari Anda. Anda mungkin kehilangan nafsu makan, akibat perih atau sakit saat makanan terkena di permukaan sariawan. Anda tentu tidak mau selera makan terganggu kan gara-gara sariawan? Bisa-bisa makanan kesukaan Anda tidak dapat dinikmati sepenuhnya.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara mengatasi sariawan secara cepat.

Penyebab Sariawan

Seperti yang sudah ditulis diatas, sariawan terjadi akibat akumulasi jamur Candida albicans yang bersarang dalam area mulut Anda. Jamur ini dapat dipicu oleh beberapa faktor pendukung, antara lain:

Kebersihan mulut yang buruk

Mulut yang bersih tentu bukan tempat yang diinginkan oleh bakteri maupun jamur. Mulut sebagai organ pencernaan manusia memang kerap kali tidak terjaga kebersihannya. Sisa makanan yang tertumpuk di sela-sela gigi dapat menjadi sarang jamur dan bakteri. Maka dari itu, jagalah selalu kesehatan mulut Anda secara berkala.

Imunitas tubuh yang menurun

Mungkin bila saat ini Anda mengalami sariawan, itu bisa disebabkan oleh menurunnya sistem imunitas atau sistem pertahanan tubuh Anda. Tubuh yang lemah memang lebih rentan diserang oleh penyakit. Sedangkan tubuh yang kuat sistem pertahanannya akan bisa melawan virus dan bakteri, termasuk melawan perkembangan jamur penyebab sariawan. Maka dari itu, untuk tetap menjaga sistem imunitas Anda kuat, Anda harus menjaga kondisi tubuh serta mengkonsumsi makanan sehat.

Penggunaan obat-obatan tertentu

Ternyata jamur penyebab sariawan juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan khusus, seperti antibiotik. Disarankan agar Anda menekan penggunaan obat kimia dan lebih memilih pengobatan secara alami.

Cara Cepat Mengatasi Sariawan

Bila Anda sudah tau penyebab dari sariawan, maka setelah itu ada beberapa langkah cepat yang dapat ditempuh untuk mengatasi sariawan.

Mengunakan Parasetamol atau Mefenamat

Obat-obatan yang aman dikonsumsi ketika mengalami sariawan adalah Parasetamol ataupun Mefenamat. Kedua obat ini dapat mengurangi peradangan dan sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Namun sebelum mengkonsumsinya, disarankan Anda mengetahui dosis yang tepat atau dikonsultasikan dengan dokter.

Membuat Pasta

Salah satu cara cepat dalam mengatasi sariawan adalah dengan berkumur air garam. Air garam terbukti dapat membunuh jamur dan bakteri dalam mulut. Kemudian, Anda juga dapat membuat sendiri pasta yang terbuat dari campuran garam serta baking soda. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencampur baking soda dan sedikit garam, ditambahkan air lalu Anda bisa langsung mengoleskannya tepat di sariawan Anda. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu dibilas atau di kumur dengan air.

Air Kelapa

Air kelapa memang memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, bahkan untuk sariawan sekalipun. Sariawan disebabkan oleh panas dari dalam tubuh, dan air kelapa dengan sifatnya yang dingin dapat membuat perut atau pencernaan Anda juga lebih sejuk.
Selain itu, air kelapa dapat mencukupi kebutuhan ion Anda, yang baik dalam proses penyembuhan sariawan.

Pasta Pisang dan Madu

Dalam mencegah peradangan sariawan, Anda dapat membuat sendiri pasta yang terbuat dari pisang dan madu. Caranya Anda tinggal mencampurkan pisang yang telah dihaluskan dengan madu, lalu setelah itu tinggal di oleskan di luka sariawan.

Yogurt

Yogurt adalah jenis makanan yang mengandung bakteri baik bagi tubuh manusia, dengan mengkonsumsi yogurt, maka keseimbangan bakteri yang terdapat di dalam mulut maupun tubuh Anda akan lebih terjaga. Konsumsilah Yogurt setiap hari dalam proses pengobatan sariawan Anda agar cepat sembuh.

Minum Vitamin

Sariawan seperti yang sudah ditulis di atas, adalah karena kemampuan tubuh dalam menangkal virus dan penyakit yang menurun. Hal ini diakibatkan oleh vitamin yang tidak tercukupi. Maka dari itu, konsumsilah vitamin, berupa vitamin C dan B, juga vitamin yang lain, yang sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh Anda sehingga dapat dengan cepat mengusir jamur dan penyakit dari tubuh Anda.

Konsumsi Buah-buahan

Buah-buahan serta sayuran dapat memberikan asupan vitamin juga mineral yang penting bagi kesehatan tubuh Anda. Buah-buahan juga dapat memberikan serat yang cukup bagi pencernaan Anda sehingga terhindar dari penyakit sariawan.