Kepala botak memang sering menjadi pemicu ketidakpercayaan diri. Hal ini terutama dialami oleh kaum pria. Namun kaum perempuan sebenarnya juga sama berpotensi mengalami rambut rontok seperti kaum pria. Kepala yang botak menjadi masalah bagi sebagian orang karena rambut adalah salah satu faktor penunjang penampilan.

Penyebab Kepala Botak

Sebelum mengetahui cara mengatasi kepala botak, ada baiknya kita ketahui beberapa hal yang menjadikan seseorang mengalami kebotakan pada kepala. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab kepala botak.

Stress

Pikiran yang tidak tenang bisa menjadi pemicu stress. Tidak heran jika banyak ilmuan yang memiliki kepala botak. Hal ini disebabkan karena otak mereka sulit berhenti untuk memikirkan sesuatu. Para petinggi perusahaan juga banyak yang botak karena mereka sering berada di bawah tekanan pekerjaan. Stress yang berujung kepada hal buruk seperti depresi bisa membuat kepala seseorang menjadi botak.

Gen

Beberapa orang yang mengalami kebotakan mungkin disebabkan oleh faktor keturunan atau gen. Jadi gen yang diturunkan oleh orang tuanya mempengaruhi pertumbuhan rambut seperti ketebalan, warna, kecepatan tumbuh, dan seterusnya.

Kekurangan nutrisi

Untuk tumbuh, rambut juga membutuhkan nutrisi. Oleh karena itu, agar rambut tumbuh subur, cukupkan asupan nutrisi Anda.

Penyakit

Seseorang yang menderita penyakit tertentu seperti kanker darah bisa menjadikan kepalanya botak.

Penggunaan sampo yang tidak tepat

Salah menggunakan jenis sampo atau sering mengganti jenis sampo bisa menyebabkan rambut cepat rontok. Pilihlah sampo yang cocok untuk jenis rambut. Selain itu, terlalu sering atau terlalu jarang keramas juga bisa menyebabkan kerontokan.

Cara Mengatasi Kepala Botak

Menggunakan kemiri

Selain sebagai bumbu masak, kemiri juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesuburan rambut. Kemiri bisa meningkatkan kesuburan rambut dan menjadikan rambut hitam berkilau. Cara menggunakan kemiri untuk mengatasi kepala botak ini adalah dengan cara dibakar. Ketika kemiri sudah gosong atau hangus, biji kemiri akan tampak berminyak. Kemiri yang sudah hangus lalu dihaluskan atau digiling lalu dioleskan ke kepala. Waktu untuk memakai kemiri ini sebaiknya dilakukan pada malam hari. Ketika Anda bangun tidur, Anda bisa membersihan rambut Anda atau melakukan keramas.

Menggunakan teh hijau

Sejak dulu, teh hijau memang sudah populer dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Khasiat teh hijau ini juga bisa dipergunakan oleh Anda yang ingin mengatasi kebotakan pada kepala Anda.
Dalam teh hijau terkandung zat antioksidan yang lumayan tinggi. Kandungan zat ini berguna untuk memperlancar peredaran darah ke daerah rambut. Dengan menggunakan teh hijau, maka rambut akan mudah tumbuh.

Tidak sulit untuk menggunakan teh hijau sebagai bahan untuk mengatasi kepala botak. Anda cukup menyeduh teh hijau lalu oleskan ke kepala Anda. Setelah itu, bungkuslah kepala Anda sekitar 20 menit dengan menggunakan handuk. Jika sudah, bilaslah hingga bersih dengan air.

Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya sangat tekenal dari dulu sebagai bahan alami penambah kesuburan rambut, kondisioner alami, dan mengobati ketombe. Jika Anda ingin mencoba mengatasi kebotakan dengan cara alami memakai lidah buaya, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini. Terlebih dahulu, siapkan 1 batang lidah buaya yang sudah dicuci sampai bersih. Potong lidah buaya tersebut menjadi dua bagian. Lalu oleskan lendir lidah buaya pada helai rambut hingga akar dan kulit kepala. Setelah dipijit perlahan hingga merata, diamkan sekitar 1 menit. Lalu bilaslah rambut dengan air bersih.

Menggunakan telur

Barangkali telur adalah bahan alami yang kurang populer untuk mengatasi kebotakan. Namun faktanya, telur terutama bagian kuningnya bisa dioleskan pada kulit kepala. Pijatlah dengan lembut kulit kepala Anda dengan kuning telur dalam waktu 10 sampai 15 menit. Agar tidak meninggalkan bekas amis, Anda bisa membilas rambut Anda dengan sampo.

Menggunakan minyak kelapa

Salah satu bukti bahwa minyak kelapa bagus sebagai bahan untuk kesehatan rambut adalah banyak produsen minyak rambut yang memakai bahan utama minyak kelapa. Minyak ini fungsinya adalah untuk mempercepat tumbuhnya rambut. Minyak kelapa bisa pula dimanfaatkan sebagai penghilang ketombe apabila dipakai secara rutin.

Menggunakan kulit apel

Kulit apel memiliki kegunaan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Cara menggunakan kulit apel ini adalah dengan menghaluskannya. Setelah itu dioleskan ke bagian kepala. Setelah didiamkan sekitar 20 menit, bilaslah rambut dengan air bersih.