Anemia mungkin sudah cukup dikenal oleh masyarakat sebagai penyakit kekurangan darah dalam tubuh. Namun masih banyak orang yang belum mengerti detail mengenai penyakit ini. Mulai dari gejala, penyebab, masalah yang ditimbulkan dan bagaimana cara mencegahnya.
Untuk bisa memberikan wawasan pada masyarakat luas, berikut sedikit ulasan mengenai penyakit ini.

Pengertian Penyakit Anemia.

Anemia adalah kondisi dimana jumlah sel darah merah atau kandungan hemoglobin yang ada di dalam darah seseorang dibawah standar normal. Hemoglobin (Hb) sendiri adalah senyawa protein yang membawa oksigen dalam sel darah merah seseorang.
Melihat kondisi ini, masalah yang ditimbulkan oleh penyakit ini adalah sel-sel tubuh tidak akan mendapatkan cukup oksigen karena sel darah merah dan Hb yang bertugas mendistribusikan oksigen dari paru-paru ke seluruh jaringan tubuh jumlahnya dibawah standar.
Oksigen ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika pasokan oksigen yang didistribusikan dibawah standar, akan terjadi gejala fisiologis pada orang tersebut.

Gejala yang Dialami Saat Kekurangan Sel Darah Merah

Pucat

Ada beberapa gejala yang akan dialami seseorang jika sel darah merah dan Hb nya dibawah normal. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah kelopak mata yang akan terlihat pucat. Selain mata, muka dan juga kuku akan terlihat pucat juga.

Kelelahan

Selain itu, gejala yang bisa dirasakan langsung oleh penderita adalah orang tersebut akan mudah mengalami kelelahan.
Kurangnya distribusi oksigen ke jaringan tubuh akan membuat tubuh kesulitan menghasilkan energi. Maka dari itu, seorang yang kekurangan sel darah merah dan juga Hb akan merasakan kelelahan secara terus menerus.

Mual

Selain kelelahan, rasa mual juga akan dirasakan. Morning sickness atau rasa mual seketika setelah bangun pagi akan dirasakan.

Sakit kepala dan sesak nafas

Kekurangan oksigen dalam tubuh akan berpengaruh di otak sehingga kepala akan kerap merasa sakit. Kekurangan oksigen dalam tubuh ini juga akan membuat penderita mudah kehabisan nafas atau terengah-engah saat berjalan.

Jika anda merasakan gejala semacam ini, segeralah periksakan diri anda ke dokter.

Penyebab kekurangan sel darah merah dan Hb

Ada beberapa penyebab kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Penyebab-penyebabnya tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Iron deficiency anemia

Dimana penyebab dari kurangnya sel darah merah karena asupan zat besi dalam tubuh yang kurang. Sumsum tulang sangat membutuhkan zat besi untuk membuat Hb. Jika asupan zat besi yang masuk dalam tubuh kurang, otomatis tubuh akan memproduksi Hb dibawah kebutuhan normal.

Vitamin deficiency anemia

Dimana tubuh kekurangan folat dan juga vitamin B-12 untuk membuat sel darah merah dalam tubuh.

Anemia of chronic disease

Disebabkan oleh penyakit kronis yang dialami penderita seperti AIDS atau kanker. Penyakit kronis ini tentu akan mempengaruhi produksi sel darah merah dalam tubuh.

Aplastic anemia

Anemia jenis ini sangat jarang terjadi dan merupakan kondisi yang mengancam jiwa. Ini disebabkan sumsum tulang belakang tidak mampu bekerja dengan semestinya untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah. Penyebabnya dari ketidak mampuan sumsum tulang belakang ini masih belum diketahui.

Anemias associated with bone marrow disease

Dimana leukemia dan myelodysplasia dapat menyebabkan kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh.

Hemolytic anemias

Dimana sel darah merah dalam tubuh mudah hancur dan produksi dari sumsum tulang belakang tidak mampu mengimbangi.

Sickle cell anemia

Anemia jenis ini disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang cacat dimana sel darah merah terbentuk seperti sabit.

Thalassemia

Masalah lain yang menyebabkan kurangnya sel darah merah adalah seperti penyakit thalassemia.

Cara mencegah penyakit Anemia

Berdasarkan keterangan diatas, untuk bisa mencegah kekurangan sel darah merah dalam tubuh, anda harus memakan makanan yang mengandung cukup zat besi, cukup folat, vitamin B-12 dan juga vitamin C.
Tapi untuk jenis yang disebabkan karena penyakit-penyakit kronis memerlukan penanganan yang lebih.

Intinya selalu jaga kesehatan anda dan cukupi asupan gizi dalam makanan anda.

Penyakit anemia cukup berbahaya jika dibiarkan. Pastikan anda selalu rutin melakukan check up ke dokter. Jika anda merasakan gejala-gejala yang sudah dijelaskan diatas, segera lakukan pengecekan ke dokter. Jangan sampai sudah terlanjur dan semakin parah.
Itu dia sedikit ulasan mengenai penyakit anemia. Semoga bisa sedikit memberikan ilmu.